Diposting Selasa, 20 November 2012 jam 7:38 pm oleh Evy Siscawati

Redesain Bioreaktor Meningkatkan Hasil secara Dramatis

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 20 November 2012 -


Para ilmuan dari Universitas Ben Gurion di Negrev Israel menemukan strategi untuk meningkatkan hasil ganggang. Mereka menjelaskannya dalam jurnal Institut Fisika Amerika  Applied Physics Letters.

Tim  Ben-Gurion menciptakan model fisika yang menjelaskan pengamatan utama yang diperoleh dalam bioreaktor baru yang dirancang dan dibuat oleh kelompok berbeda di universitas ini, dipimpin oleh Amos Richmond. Bioreaktor ini pada dasarnya merupakan wadah datar dengan dinding transparan yang dapat diterangi oleh sinar matahari atau cahaya buatan. Gelembung udara memberi makan dari dasar bercampur dengan air sehingga sel ganggang bergerak maju mundur antara daerah terang tipis di dekat dinding dan interior gelap reaktor, yang menghasilkan sel terpapar pada kilatan cahaya pendek.

 Bioreaktor ini menghasilkan perolehan biomassa jauh lebih besar dari metode pembiakan biasa. Dalam penelitian mereka, para ilmuan menjelaskan kalau penting untuk memperhitungkan interplay antara fisika dan biologi: skala waktu intrinsik fotosintesis dapat diselaraskan dengan pola aliran dan penerangan bioreaktor dimana ganggang tumbuh. Peningkatan dramatis hasil biomassa ini suatu saat dapat mengubah ganggang mikro menjadi sumber energi terbarukan yang mudah diperoleh secara ekonomis.

Sumber berita:

 American Institute of Physics.

Referensi jurnal:

Efrat Greenwald, Jeffrey M. Gordon, Yair Zarmi. Physics of ultra-high bioproductivity in algal photobioreactors. Applied Physics Letters, 2012; 100 (14): 143703 DOI: 10.1063/1.3701168

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.