Diposting Jumat, 5 Oktober 2012 jam 12:40 pm oleh Evy Siscawati

Rover Mars NASA Opportunity Mengungkapkan Misteri Geologi: Benda Bulat seperti ‘Blueberry’

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 5 Oktober 2012 -


Benda bulat terkonsentrasi di daerah yang dicapai Opportunity minggu lalu (awal September 2012) berbeda dalam beberapa hal dengan bola kaya besi bernama blueberry yang ditemukan rover ini pada lokasi pendaratannya di awal 2004 dan banyak lokasi hingga sekarang.

 Opportunity menyelidiki sebuah daerah yang disebut Kirkwood di segmen Cape York di roda barat Kawah Endeavour. Bola-bola tersebut berukuran diameter hingga 3 milimeter. Analisis yang dilakukan masih pendahuluan, namun menunjukkan kalau bola-bola ini tidak memiliki isi besi padat seperti blueberry Mars.

 “Ini adalah salah satu gambar paling luar biasa dari seluruh misi ini,” kata penyelidik utama Opportunity, Steve Squyres dari Universitas Cornell di Ithaca, N.Y. “Kirkwood penuh dengan penumpukan padat benda bulat kecil ini. Tentu saja, kami segera mengira itu blueberry, namun ternyata berbeda. Kami belum pernah melihat penumpukan padat bola di wilayah batuan Mars.”

 Blueberry Mars ditemukan di berbagai tempat oleh Opportunity. Ia merupakan konkresi yang terbentuk oleh gerakan air bermuatan mineral di dalam batuan, bukti kalau Mars purba adalah lingkungan yang basah. Konkresi terjadi ketika mineral mengembun keluar dari air dan menjadi massa keras di dalam batuan endapan. Banyak bola Kirkwood pecah dan terkikis oleh angin. Di lokasi yang tidak banyak dilalui angin, struktur konsentrik muncul.

Opportunity memakai pencitra mikroskopis di tangannya untuk melihat Kirkwood lebih dekat. Para peneliti memeriksa komposisi bola dengan alat yang disebut Spektrometer Sinar-X Partikel Alpha di lengan Opportunity.

 “Dari luar terlihat rapuh dan lembut di tengahnya” kata Squyres. “Mereka berbeda konsentrasinya, berbeda strukturnya, berbeda komposisinya, dan berbeda pula distribusinya. Jadi, kami memiliki teka-teki geologis di depan kami. Kami memiliki sejumlah hipotesis, dan kami belum punya hipotesis favorit hingga sekarang. Perlu waktu untuk mempelajarinya, jadi saat ini kami tetap harus berpikiran terbuka dan membiarkan batuan-batuan ini yang bicara.”

 Tepat didekat Kirkwood ada wilayah ilmiah lain yang menjadi target Opportunity. Lokasi ini adalah daerah berwarna pucat di wilayah Cape York dimana pengamatan dari orbit mendeteksi tanda-tanda mineral tanah liat. Itu mungkin menjadi wilayah studi lanjutan rover setelah Kirkwood. Empat tahun lalu, Opportunity berangkat dari Kawah Victoria, yang ia selidiki selama dua tahun, untuk memahami berbagai tipe bukti geologi di mulut dari kawah Endeavour yang lebih besar lagi.

 Tingkat energi rover ini mendukung untuk penyelidikan. Ekuinoks musim semi datang bulan ini di belahan selatan Mars, jadi jumlah sinar matahari untuk tenaga surya akan terus meningkat selama berbulan-bulan.

 “Rover ini kondisinya sangat sehat walaupun bekerja keras selama 8,5 tahun di permukaan Mars”, kata Manajer Proyek Rover Eksplorasi Mars, John Callas, dari Lab Propulsi Jet NASA di Pasadena, California. “Level produksi energinya sebanding dengan saat ia penuh satu tahun Mars lalu, dan kita sedang menuju musim semi dan panas yang produktif untuk eksplorasi.”

NASA meluncurkan rover Mars Spirit dan Opportunity pada musim panas 2003, dan keduanya menyelesaikan misi utama tiga bulan mereka pada April 2004. Mereka melanjutkan misi bonus lanjutan selama bertahun-tahun. Spirit berhenti berkomunikasi dengan Bumi bulan Maret 2010. Rover ini telah memberikan penemuan-penemuan penting mengenai lingkungan basah Mars purba yang dapat mendukung kehidupan mikroba.

JPL mengatur Proyek Rover Eksplorasi Mars untuk Direktorat Misi Antariksa NASA di Washington.

Untuk melihat gambar daerah ini, kunjungi: http://www.nasa.gov/mission_pages/mer/multimedia/pia16139.html

Untuk lebih banyak informasi tentang Opportunity, kunjungi: http://www.nasa.gov/rovers dan http://marsrovers.jpl.nasa.gov .

Anda juga bisa mengikuti proyek ini di Twitter dan Facebook: http://twitter.com/MarsRovers dan  http://www.facebook.com/mars.rovers .

Sumber berita:

 NASA/Jet Propulsion Laboratory.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.