Diposting Rabu, 4 Juli 2012 jam 12:49 pm oleh Evy Siscawati

Orang Cenderung Menikahi Pasangan dengan Level Pendidikan yang Setara
Rabu, 4 Juli 2012 -

Ilmuan sosial telah mengetahui selama bertahun-tahun kalau orang menikah cenderung memilih berdasarkan tingkat pendidikan, namun alasannya sampai sekarang belum jelas. Bisa saja tentang uang. Orang dapat berasumsi kalau pasangan dengan pendidikan yang sama akan memiliki gaji yang sesuai. Atau bisa juga karena faktor gaya hidup. Pendidikan yang sama dapat memberikan minat yang sama pada buku, musik, atau hobi.

Di sisi lain, ahli sosiologi berpendapat kalau memilih berdasarkan tingkat pendidikan tidak ada hubungannya dengan pilihan pribadi dan lebih berhubungan dengan kemungkinan bertemu yang lebih besar. Orang sering bertemu pasangannya di kampus atau sekolah. Begitu juga, orang dengan latar belakang pendidikan yang sama cenderung berdampingan di pekerjaan, memberikan kesempatan luas untuk membangun romantika.

Pernikahan bintang film dapat membantu memecahkan masalah ini, menurut Gustaf Bruze, ahli ekonomi dari Sekolah Bisnis dan Ilmu Sosial Aarhus di Denmark.

Bruze menyusun sebuah set data besar dari pernikahan, pendapatan, dan tingkat pendidikan bintang film. Ia menemukan kalau level pendidikan formal tidak ada korelasinya dengan kesuksesan bintang film, baik dalam hal pendapatan box office maupun kemungkinan meraih Oscar. Namun walaupun pendidikan tidak berhubungan dengan kesuksesan, bintang film yang menikahi satu sama lain cenderung memiliki latar belakang pendidikan yang sama, hasil analisis Bruze. Datanya juga menunjukkan kalau aktor kecil kemungkinannya bertemu pasangannya di kampus, atau dalam satu lokasi syuting karena tingkat pendidikannya.

 Temuan ini menunjukkan kalau pemilihan latar pendidikan tidak ada hubungannya dengan uang atau semata artefak afiliasi profesi. “Apa yang dikatakannya adalah pria dan wanita memiliki pilihan sangat kuat untuk sifat pasangan nonfinansial yang berkorelasi dengan pendidikan,” kata Bruze. “Dan pemilihan pendidikan akan tetap sama bila kecenderungan pria dan perempuan bekerja dengan koleganya dari latar belakang pendidikan yang sama hilang atau jika peran lembaga pendidikan sebagai tempat bertemu pasangan kekasih lenyap.”

Sumber berita:

 University of Chicago Press Journals

Referensi jurnal:

Gustaf Bruze. Marriage Choices of Movie Stars: Does Spouse’s Education Matter? Journal of Human Capital, 2011; 5 (1): 1 DOI: 10.1086/660108


Penulis Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).

Kategori Artikel / Tags
Psikologi /

Artikel Terkait
Cari tahu?
© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami. View Full Site