Diposting Minggu, 3 Juni 2012 jam 11:27 am oleh Evy Siscawati

Belahan Otak Mana yang Memutar Gambar Mental?

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 3 Juni 2012 -


 Walau begitu, temuan baru neuropsikologis yang diterbitkan bulan Februari 2011 dalam jurnal Cortex menunjukkan kalau ini bukanlah yang terjadi.

 Sebuah tim multidisiplin dipimpin oleh neurosaintis kognitif Tim Shallice dan ahli bedah syaraf Miran Skrap bekerja di Udine, Italia, mempelajari kesulitan yang dihadapi 55 pasien yang baru saja dioperasi untuk membuang tumor otak dari belahan kiri dan kanan otak mereka. Para pasien ditunjukkan sederetan gambar sebuah titik diddalam sebuah bingkai tegak atau miring dan diminta mereproduksi posisinya didalam bingkai tegak yang identik, sebuah tugas yang membutuhkan rotasi gambar secara mental.

 Tim ini menemukan kalau pasien yang tumor otaknya di parietal kanan atau di korteks prefrontal kiri membuat sejumlah besar kesalahan daripada pasien lainnya. Lebih lanjut, dua kelompok kritis ini berperilaku berbeda satu sama lain. Pasien parietal kanan meletakkan tanda di posisi kanan dari sebuah sudut. Walau begitu, mereka memilih sudut yang salah lebih seirng daripada pasien lainnya. Pasien prefrontal kiri benar dalam memilih sudut namun tidak akurat dalam respon mereka. Karenanya pasien tumor di korteks parietal kanan yang tidak mampu memproses informasi spasial kategorikal dan melakukan rotasi mental. Tumor prefrontal kiri membawa pada kesulitan dalam menentukan program spesifik di otak yang dibutuhkan untuk mengatur urutan operasi untuk melakukan tugas ini.

Sumber berita:

  Elsevier,

Referensi jurnal:

1.      Tania Buiatti, Alessandro Mussoni, Alessio Toraldo, Miran Skrap, Tim Shallice. Two qualitatively different impairments in making rotation operations. Cortex, 2011; 47 (2): 166 DOI: 10.1016/j.cortex.2009.10.006

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.