Diposting Senin, 16 April 2012 jam 12:41 pm oleh Evy Siscawati

Mengapa Asam Folat Dapat Mencegah Serangan Jantung Pertama tapi tidak yang Kedua

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 16 April 2012 -


Penjelasannya ternyata sederhana; menurunkan homosistein mencegah pelengketan platelet, yang mencegah penggumpalan darah … seperti yang dilakukan oleh aspirin, jadi jika orang dalam uji klinis telah menggunakan aspirin, maka tidak ada keuntungan tambahan dalam menurunkan homosistein dengan asam folat. Aspirin faktanya digunakan luas oleh partisipan dalam uji klinis karena mereka umumnya dilakukan pada pasien yang sudah mendapatkan serangan jantung atau penyakit kardiovaskuler lainnya.

 Penelitian yang dipimpin oleh  Dr David Wald dari Wolfson Institute of Preventive Medicine Barts dan London School of Medicine and Dentistry menunjukkan kalau ada perbedaan reduksi peristiwa penyakit jantung antara lima uji klinis dengan penggunaan aspirin terendah (60 persen partisipan menggunakan aspirin) dan lima uji klinis dengan penggunaan tertinggi (91 persen menggunakan aspirin). Pengurangan resiko yang teramati adalah enam persen namun dapat menjadi 15 persen jika tidak ada yang memakai aspirin. Penelitian didasarkan pada 75 studi epidemiologi melibatkan 50 ribu partisipan dan uji klinis melibatkan sekitar 40 ribu partisipan.

 “Penjelasan ini memiliki implikasi penting,” kata   Dr David Wald, peneliti utama makalah tersebut. “Bukti uji klinis negatif harusnya tidak menutup pintu bagi asam folat – asam folat masih dapat bermanfaat bagi orang yang belum mendapatkan serangan jantung karena mereka pada umumnya tidak akan menggunakan aspirin.”

Sumber berita:

 Queen Mary, University of London.

Referensi jurnal:

David S. Wald, Joan K. Morris, Nicholas J. Wald. Reconciling the Evidence on Serum Homocysteine and Ischaemic Heart Disease: A Meta-Analysis. PLoS ONE, 2011; 6 (2): e16473 DOI: 10.1371/journal.pone.0016473

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.