Diposting Kamis, 22 Maret 2012 jam 2:14 pm oleh Evy Siscawati

Astrologi dan UFO

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 22 Maret 2012 -


Astrologi

Sebuah studi yang mencakup sampel 15 ribu orang dilakukan oleh sejumlah universitas di Denmark dan Jerman dan dilaporkan dalam edisi Mei 2006 jurnal Personality and Individual Differences, menemukan:

tidak ada kasus kalau tanggal kelahiran seseorang berhubungan dengan perbedaan kepribadian atau kecerdasan seseorang.

Dan menyimpulkan:

Studi skala besar saat ini jelas tidak menemukan efek bebas tanda matahari, elemen, atau gender, dan karenanya tidak mendukung dakuan umum mengenai astrologi.

Para pembaca mungkin tidak terkejut mendengar kalau astrolog kenamaan segera menyanggah temuan ini dengan mendaku kalau astrologi yang “real” berbeda dengan astrologi “pop”. Jadi bagaimana astrologi yang “real” itu?

Referensi jurnal

Peter Hartmann, Martin Reuter, Helmuth Nyborg. The relationship between date of birth and individual differences in personality and general intelligence: A large-scale study. Personality and Individual Differences 40 (2006) 1349–1362. http://www.elsevier.com/authored_subject_sections/S05/S05_361/misc/PAID_Hartmann.pdf

UFO

Tahun 2000, kementrian pertahanan Inggris menerima hasil dari sebuah studi yang mereka lakukan empat tahun lalu tentang “Fenomena Angkasa Tak Teridentifikasi di Inggris”. Atas alasan yang tidak sepenuhnya jelas, laporan ini diklasifikasikan Rahasia, hingga awal tahun 2006, ketika Dr David Clarke dari Universitas Sheffield Hallam berhasil memaksakannya dipublikasikan dengan Undang-Undang Kebebasan Informasi.

Laporan sepanjang 400 halaman tersebut mencakup pernyataan berikut:

Tidak ada bukti yang menunjukkan kalau fenomena yang terlihat itu berbahaya atau berada dalam sejenis pengendalian, selain gaya fisika alamiah.

Dan:

Tidak ada bukti kalau benda ‘padat’ ada yang dapat menyebabkan bahaya tabrakan.

Studi ini, yang ditujukan untuk menilai apakah UAP (alias UFO) memiliki ancaman apapun bagi Inggris, menyimpulkan kalau:

Tidak ada yang memiliki nilai kecerdasan pertahanan.

Tak lama kemudian, sejumlah kecil aktivis (alias perkumpulan UFO) memprotes laporan tersebut di depan kantor Kemenhan Inggris. Mungkinkah mereka alien?

Referensi Kemenhan Inggris:

Air Command., 15 May 06. Unidentified Aerial Phenomena (UAP) in the UK Air Defence Region. http://www.mod.uk/defenceinternet/freedomofinformation/publicationscheme/searchpublicationscheme/unidentifiedaerialphenomenauapintheukairdefenceregion.htm

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.