Diposting Selasa, 13 Maret 2012 jam 10:54 am oleh Evy Siscawati

Bayi Mengenali Pola Kata Jauh Sebelum Mampu Belajar Kata -Kata

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 13 Maret 2012 -


Sekarang penelitian dari Universitas Notre Dame menunjukkan kalau saat tahun pertama kehidupan, ketika bayi menghabiskan banyak sekali waktu untuk mendengarkan bahasa, mereka sesungguhnya melacak pola kata yang akan mendukung mereka mengolah belajar kata yang muncul antara usia sekitar 18 bulan hingga 2 tahun.

 “Bayi terus mencari petunjuk bahasa dalam konteks dan suara,” kata Jill Lany, asisten professor psikologi dan direktur laboratorium bayi Notre Dame, dimana ia melakukan studi mengenai bagaimana bayi memperoleh bahasa.

“Penelitian saya menunjukkan kalau ada beberapa petunjuk mengejutkan dalam aliran suara yang dapat membantu bayi mempelajari makna kata. Mereka dapat membedakan berbagai jenis kata seperti kata benda dan kata kerja lewat informasi dalam aliran suara tersebut.”

 Studi Lany menunjukkan kalau bayi berusia 12 bulan dapat mengetahui “hubungan” dengan melihat frasa atau suara seperti “ini sebuah” muncul segera di depan sebuah benda.

 “Jika saya katakana padamu, “Oh coba lihat, ini sebuah dax” anda mungkin tidak tahu apa itu “dax” namun petunjuk “ini sebuah” membuat bayi tahu kalau dax itu sebuah benda,” kata Lany.

 Begitu pula, jika seseorang mengatakan, “Saya mendaxingnya,” prinsip yang sama berlaku dengan petunjuk dan pola kata yang menunjukkan sebuah kata kerja atau verba. Bayi dapat menggunakan pola-pola ini sebagai petunjuk makna kata baru yang mereka pelajari.

 Pada sekitar 15 bulan, bayi mampu melacak hubungan yang lebih rumit dimana petunjuk kata bahkan dapat lebih jauh dibuang.

 “Kita sering berpikir mengenai tata bahasa datang setelah belajar kata, namun faktanya, penelitian saya menunjukkan kalau semua informasi yang diambil bayi dalam tahun pertama kehidupannya adalah bagaimana kata-kata muncul dalam bahasa mereka, sesungguhnya mendukung proses belajar kata untuk menguasai bahasa.”

Sumber berita:

University of Notre Dame.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.