Diposting Sabtu, 28 Januari 2012 jam 12:39 pm oleh Evy Siscawati

Para Ilmuan Menemukan Petunjuk Baru Kimiawi Asal Usul Kehidupan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 28 Januari 2012 -


 Sebuah tim yang dipimpin oleh Dr Paul Clarke dari Jurusan Kimia York mencipta ulang proses yang dapat terjadi di dunia prebiotik.

 Bekerja dengan rekan-rekan dari Universitas Nottingham, mereka membuat langkah pertama menuju menunjukkan pada kita bagaimana gula sederhana – threosa dan erythrosa – berkembang. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal   Organic & Biomolecular Chemistry.

Semua molekul biologis memiliki kemampuan ada sebagai bentuk kidal dan bentuk kanan. Semua gula dalam biologi tersusun dari molekul bentuk kanan namun semua asam amino yang menyusun peptida dan protein tersusun dari bentuk kidal.

 Para peneliti menemukan menggunakan asam amino kidal sederhana untuk mengkatalis pembentukan gula menghasilkan produksi gula bentuk kanan yang sebelumnya dominan. Ini dapat menjelaskan bagaimana karbohidrat berawal dan mengapa bentuk kanan mendominasi alam.

 Dr Clarke mengatakan: “Ada banyak pertanyaan dasar mengenai asal usul kehidupan dan banyak orang berpikir kalau ini masalah biologi. Namun agar kehidupan dapat berevolusi, harus ada saat ketika benda tak hidup menjadi hidup – segalanya sampai titik itu adalah kimia.

 “Kami mencoba memahami asal usul kimia kehidupan. Salah satu pertanyaan menarik adalah darimana karbohidrat dating karena mereka adalah balok penyusun DNA dan RNA. Apa yang telah kami capai adalah langkah pertama dalam jalur untuk menunjukkan bagaimana gula sederhana – threosa dan erythrosa – berawal. Kami membangkitkan gula ini dari seperangkat bahan yang sangat sederhana yang diyakini sebagian besar ilmuan ada pada saat hidup berawal.”

Sumber berita:

University of York

Referensi jurnal :

Laurence Burroughs, Paul A. Clarke, Henrietta Forintos, James A. R. Gilks, Christopher J. Hayes, Matthew E. Vale, William Wade, Myriam Zbytniewski. Asymmetric organocatalytic formation of protected and unprotected tetroses under potentially prebiotic conditions. Organic & Biomolecular Chemistry, 2012; DOI: 10.1039/C1OB06798B

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.