Diposting Rabu, 14 Desember 2011 jam 6:42 pm oleh Evy Siscawati

Peran Dua Belahan Otak yang Berubah dalam Pemulihan Stroke

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 14 Desember 2011 -


Untuk hampir semua orang kanan dan sekitar 60% orang kidal, kerusakan di sisi kiri otak menyebabkan kondisi yang disebut aphasia, sebuah kerusakan akut atau kronis pada skill bahasa. Sindrom ini sangat berasosiasi dengan kerusakan belahan kiri otak; walau begitu, ada kontroversi panjang mengenai keterlibatan bagian-bagian belahan kanan dalam fungsi bahasa dan kontribusinya pada penyembuhan aphasia. Mayoritas ahli menekankan peran sisi kiri yang dominan dalam penyembuhan bahasa, sementara yang lain berpendapat fungsi komplementer (atau kompensatori) dari belahan kanan.

Odelia Elkana, dari Universitas Hebrew, di Yerusalem dan rekan-rekannya menyelidiki pola sistematis reorganisasi fungsi bahasa otak, dan hubungannya dengan kinerja linguistic, pada pasien yang sembuh dari kerusakan otak masa kecil di belahan kiri. Mereka menggunakan MRI fungsional untuk mendeteksi pola aktivitas otak sementara pasien melakukan berbagai tugas linguistic di dalam pemindai. Studi baru ini berfokus pada kelompok anak langka yang kerusakan otaknya terjadi setelah mereka mengembangkan skill bahasa namun sementara otak masih berkembang, dan karenanya paling mampu mereorganisasi fungsi bahasanya.

 Menurut para peneliti, temuan ini menunjukkan kalau “penyembuhan merupakan proses dinamik berkelanjutan yang dapat berlangsung bertahun-tahun setelah kejadian dan tercermin dalam meningkatnya koordinasi antar belahan otak, bukannya hanya peningkatan aktivasi di satu bagian otak saja. Karenanya, peran tiap belahan otak dalam proses penyembuhan tidak hanya tergantung pada tahap penyembuhan (akut, sub-akut, atau kronis), namun juga dalam tiap tahap ini dapat berubah seiring waktu.”

Sumber berita:

 Elsevier

Referensi jurnal

Odelia Elkana, Ram Frost, Uri Kramer, Dafna Ben-Bashat, Talma Hendler, David Schmidt, Avraham Schweiger. Cerebral reorganization as a function of linguistic recovery in children: An fMRI study. Cortex, 2011; 47 (2): 202 DOI: 10.1016/j.cortex.2009.12.003

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.