Diposting Jumat, 18 November 2011 jam 5:24 pm oleh Gun HS

Merancang Material Paling Ringan di Dunia

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 18 November 2011 -


Tim peneliti dari UC Irvine, HRL Laboratories dan California Institute of Technology telah mengembangkan material yang paling ringan di dunia – dengan kerapatan 0,9 mg / cc – sekitar 100 kali lipat lebih ringan dari styrofoam. Temuan mereka muncul dalam edisi 18 November jurnal Science.

Material baru ini mengubah batas-batas material teringan karena arsitektur selular “kisi-mikro”-nya yang unik. Para peneliti mampu membuat bahan yang terdiri dari 99,99 persen udara dengan merancang 0,01 persen kepadatan pada skala nanometer, mikron dan milimeter. “Caranya adalah dengan membuat kisi tabung berongga yang saling berhubungan dengan ketebalan dinding 1.000 kali lebih tipis dari rambut manusia,” kata pemimpin penulis Dr. Tobias Schaedler dari HRL.

Arsitektur material ini memungkinkan perilaku mekanik yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk logam, termasuk melengkapi pemulihan dari kompresi yang melebihi 50 persen regangan dan penyerapan energi yang luar biasa tinggi.

“Material ini menjadi benar-benar kuat sebagaimana dimensinya dikurangi pada skala nano,” jelas insinyur mekanik dan penerbangan UCI, Lorenzo Valdevit, peneliti utama UCI dalam proyek ini. “Dengan mengkombinasikan ini dengan kemungkinan penyesuaian arsitektur kisi-mikro dan Anda memiliki bahan selular yang unik.”

Dikembangkan untuk Defense Advanced Research Projects Agency, bahan baru ini dapat digunakan untuk elektroda baterai dan akustik, penyerapan getaran atau kejutan energi.

William Carter, manajer kelompok perancangan material di HRL, membandingkan bahan baru ini dengan bangunan-bangunan umum yang lebih besar: “Banganan-bangunan modern, contohnya Menara Eiffel atau Golden Gate Bridge, sangat ringan dan efisien-berat berdasarkan arsitekturnya. Kami merevolusi bahan ringan dengan membawa konsep ini ke skala nano dan mikro.”

Kredit: University of California – Irvine
Jurnal: T. A. Schaedler, A. J. Jacobsen, A. Torrents, A. E. Sorensen, J. Lian, J. R. Greer, L. Valdevit, W. B. Carter. Ultralight Metallic Microlattices. Science, 18 November 2011: Vol. 334 no. 6058 pp. 962-965. DOI: 10.1126/science.1211649

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.