Diposting Rabu, 26 Oktober 2011 jam 12:46 am oleh Gun HS

Peneliti Menemukan Bukti Adanya Keadaan Hipnosis

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 26 Oktober 2011 -


Para peneliti telah menemukan bukti adanya kondisi hipnosis – kuncinya adalah pada mata yang menatap sayu.

Sebuah kelompok peneliti multidisiplin dari Finlandia (Universitas Turku dan Universitas Aalto) serta Swedia (Universitas Skovde) telah menemukan bahwa tatapan yang asing dapat menjadi kunci yang pada akhirnya dapat membawa solusi bagi perdebatan panjang tentang keberadaan kondisi hipnosis.

Salah satu fitur yang paling banyak dikenal pada seseorang yang terhipnotis dalam budaya populer adalah mata sayu yang terbuka lebar. Paradoksnya, tanda ini belum dianggap memiliki kepentingan utama di kalangan para peneliti dan belum pernah dipelajari secara rinci, mungkin karena fakta bahwa hal tersebut hanya bisa terlihat pada beberapa orang yang terhipnotis saja.

Penelitian ini dilakukan pada para peserta yang sangat mudah dihipnotis dengan hanya satu kata. Perubahan antara kondisi hipnotis dan keadaan normal dapat bervariasi dalam hitungan detik.

Para peneliti menggunakan metodologi pelacakan-mata beresolusi tinggi dan menyajikan satu set tugas oculomotor yang memicu perilaku mata otomatis. Mereka menemukan bahwa tatapan sayu, yang secara obyektif didampingi dengan perubahan terukur dalam perilaku mata refleksif otomatis, tidak dapat ditiru oleh para peserta non-terhipnotis.

Dalam bidang penelitian hipnosis, hasil ini menunjukkan bahwa hipnosis tidak bisa lagi dianggap sebagai citra mental yang terjadi selama keadaan sadar. Di sisi lain, hasil ini mungkin memiliki konsekuensi yang lebih luas bagi psikologi dan ilmu saraf kognitif, karena menyediakan bukti pertama keberadaan kondisi sadar pada manusia yang sebelumnya belum dikonfirmasi secara ilmiah.

Hipnosis memiliki sejarah panjang dan kontroversial dalam bidang psikologi, psikiatri dan neurologi. Selama lebih dari 100 tahun, para peneliti telah memperdebatkan apakah keadaan hipnosis memang ada ataukah itu hanya soal penggunaan strategi kognitif dan citra mental dalam keadaan normal. Sejauh ini, kondisi hipnosis tidak pernah ditunjukkan dengan secara meyakinkan, dan akibatnya, banyak peneliti menganggap kondisi hipnosis hanyalah sebagai mitos yang populer dalam psikologi.

Para penulis juga menyediakan video-klip di mana perubahan dalam perilaku mata peserta ditampilkan: http://www.plosone.org/article/fetchSingleRepresentation.action?uri=info:doi/10.1371/journal.pone.0026374.s001

Kredit: Akademi Finlandia
Jurnal: Kallio S, Hyönä J, Revonsuo A, Sikka P, Nummenmaa L. The Existence of a Hypnotic State Revealed by Eye Movements. PLoS ONE 6(10): 24 October 2011, 2011e26374. DOI: 10.1371/journal.pone.0026374

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.