Diposting Rabu, 3 Agustus 2011 jam 4:53 pm oleh Evy Siscawati

Periode Pembuatan Alat Manusia Purba

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 3 Agustus 2011 -


Para ilmuan mengelompokkan peralatan paleolitikum ke dalam empat kategori utama: Oldowan, Acheulean, Mousterian, dan Aurignacian. Berikut penjelasannya:

Periode Oldowan

Masa: 2.5 – 1.5 juta tahun yang lalu

Homo habilis dan mungkin juga australopithecus yang kekar, membuat peralatan Oldowan. Peralatan ini umumnya sederhana, sebagian besar terdiri dari inti, palu, dan bilah; terdapat juga manuport, pembelah, sferoid, polihedron, dan penggaruk. Sementara inti batu sendiri dapat dijadikan alat, bilah mereka lebih sering digunakan untuk berbagai keperluan; memotong daging dan tanaman, mencungkil daging dari tulang, dan memotong tulang atau kayu.

Alat-alat batu Oldowan

Oldowan tingkat lanjut juga mengandung kapak genggam purba (pemotong tajam) dan bilah ganda sederhana. Tradisi ini dimulai sekitar 1,5 juta tahun lalu dan bertindihan dengan periode Acheulean.

Periode Acheulean

1,4  juta tahun lalu – 200 ribu tahun lalu

Peralatan Acheulean, yang pertama muncul sekitar masa Homo erectus, termasuk kapak genggam standar yang terkenal serta cleaver dan pick. Beberapa peneliti mengatakan kalau kapak genggam digunakan terutama untuk menjagal dan pekerjaan kayu; yang lain berpendapat kalau mereka adalah inti yang masih mentah. Kapak genggam, yang memerlukan langkah pembuatan dan latihan yang lebih banyak serta pemotongan yang lebih detail dari pada peralatan sederhana, tidak umum dijumpai di Asia Timur.

Alat-alat Acheulean

Sebagian peneliti berpendapat kalau Homo erectus datang di Asia sebelum teknologi kapak genggam berkembang di Afrika. Yang lain berpendapat kalau Homo erectus membuat peralatan dari bahan yang mudah hancur, seperti bambu.

Periode Mousterian

300 – 35 ribu tahun lalu

Peralatan Mousterian telah ditemukan pada Neandertal maupun Homo sapiens purba. Kedua kelompok ini membuat beraneka ragam alat, termasuk kapak genggam, pemotong sisi, ujung tombak, pisau, parang, dentikulata, notches, burin, dan perforator. Banyak dari alat ini menunjukkan penghalusan dan penajaman tambahan. Para pembuat alat menyatukan ujung lancip pada pegangan kayu menggunakan getah tanaman dan lemak hewan. Mereka membuat tombak kayu, diseimbangkan untuk menusuk, dan seringkali alat tulang. Para pembuat alat Mousterian merevolusi produksi alat batu dengan mengembangkan teknik Levallois, penajaman inti menjadi bentuk peralihan sebelum membuang bilah. Kemajuan teknologi yang memungkinkan para pembuat alat ini membuat alat yang relatif seragam membutuhkan pemikiran lebih kompleks dan imajinasi mental yang baik dalam banyak langkah pembuatan alat.

Alat-alat Mousterian

Periode Aurignacian

40 – 16 ribu tahun lalu

Paleolitikum atas menyebar dengan cepat ke beberapa gaya temporal dan regional bersama dengan aneka jenis tipe alat. Tradisi awal seperti Aurignacian (ditemukan pada Homo sapiens) dan Chatelperronian (ditemukan bersama Neandertal), menunjukkan ujung pemotong, pisau, ujung tajam, parang, burin, tulang yang ditajamkan, dan kalung gading. Industri lanjutan seperti Gravettian dan Solutrean menujukkan inovasi menarik dengan pisau dan ujung tajam. Pada akhir Paleolitikum atas, saat periode Magdalenean (18 hingga 10 ribu tahun lalu), jenis alat lainnya meningkat secara dramatis: jarum, mata pancing, harpun, sepatu salju, jaring, pemberat, panah dan busur, serta atlatl (pelempar tombak).

Salah satu contoh alat Eurignacian

Sumber

Donald Johanson. Becoming Human.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Fans Facebook

Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.