Diposting Rabu, 20 Juli 2011 jam 4:46 pm oleh Evy Siscawati

Pesan Iklan Materialistik membentuk citra Tubuh Wanita secara Negatif

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 20 Juli 2011 -


Sebuah studi terbaru dari British Journal of Social Psychology adalah yang pertama memeriksa pengaruh pesan dan nilai materialistik – keinginan untuk meraih keberhasilan finansial dan gaya hidup yang mengikutinya dengan perasaan wanita mengenai tubuh mereka sendiri.

Penulis perdana, Eleni-Marina Ashikali menulis “Tidak semua wanita dipengaruhi secara sama dengan melihat pada model media ideal, dan karenanya penting bagi penelitian untuk menemukan faktor-faktor yang membuat sebagian wanita lebih rentan dari yang lain untuk merasakan negatif mengenai tubuh mereka ketika terpaparkan pada citra media demikian. Kami menemukan kalau wanita berfokus lebih kuat pada penampilan mereka ketika nilai-nilai materialistik disorot sementara pada mereka lewat penekanan (priming). Pada saat yang sama, kesadaran mereka pada bagaimana tubuh mereka tidak sesuai dengan citra ideal semaki tinggi saat proses priming, khususnya untuk wanita yang sudah bersifat materialistik. Ini artinya pengaruh materialisme adalah faktor lebih jauh yang membuat wanita lebih rentan pada citra tubuh negatif.”

Penelitian ini menyarankan kalau materialisme, baik sebagai nilai internal maupun sebagai penggambaran di media, harus dipertimbangkan untuk intervensi kemelekan media dan perubahan kebijakan dalam industri periklanan. Ashikali mengatakan “wanita dapat memperoleh manfaat dari memperoleh kesadaran lebih besar pada strategi pemasaran saat ini, dan menjadi lebih kritis pada citra dan pesan yang ditampilkan oleh media materialistis. Penelitian kami menyorot kebutuhan untuk mengurangi penekanan pada pesan materialistik dalam pemasaran barang dan produk, dan juga manfaat yang tidak realistik yang dijanjikan karena memiliki barang tertentu.”

Sumber berita:

Wiley-Blackwell.

Referensi jurnal:

Eleni-Marina Ashikali, Helga Dittmar. The Effect of Priming Materialism on Women’s Responses to Thin-Ideal Media. British Journal of Social Psychology, 2011; DOI: 10.1111/j.2044-8309.2011.02020.x

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.