Diposting Selasa, 5 Juli 2011 jam 5:01 pm oleh Evy Siscawati

Unsur-unsur Terberat Baru dalam Tabel Periodik ditemukan : Unsur 114 dan 116

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 5 Juli 2011 -


Walau mereka eksis hanya dalam kurang dari satu detik sebelum luruh, mereka menjadi sebuah langkah menuju “pulau impian” dalam tabel periodik – sekelompok unsur super berat yang justru tidak radioaktif.

Beberapa tim mengklaim telah menjadi yang pertama membuat unsur 114, yang pertama melaporkan tahun 1999. Walau begitu, komite IUPAC memutuskan kalau sederetan eksperimen di tahun 2004 dan 2006 memberikan bukti pertama pembuatan unsur ini. Penemuan tersebut, yang dipimpin oleh Yuri Oganessian dari Lembaga Penelitian Nuklir Bersama (JINR) di Dubna, Rusia, dan Ken Moody dari Laboratorium Nasional Livermore Lawrence di California, juga menemukan unsur 116.

Inti unsur 116 berusia beberapa milidetik sebelum memancarkan sebuah partikel alpha – terdiri dari dua proton dan dua neutron – dan luruh menjadi inti unsur 114. Tim ini juga membuat unsur 114 secara langsung dengan menembak inti kalsium pada target plutonium, yang intinya memiliki 94 proton.

Inti unsur 114 meluruh setelah sekitar setengah detik menjadi copernicium, yang mengandung 112 proton dan juga merupakan unsur baru dalam tabel periodik, yang ditambahkan tahun 2009. Pola selang waktu antara peluruhan ini, bersama dengan energi yang dihasilkan oleh partikel alpha, yang memberi petunjuk pembentukan unsur baru.

Sayangnya, kecepatan peluruhan tersebut bermakna kalau terdapat tantangan untuk menentukan sifat kimia unsur tersebut, seperti dengan unsur kimia apa ia akan bereaksi. “Usianya harus cukup panjang sehingga kita dapat mempelajari kimianya – paling tidak satu menit,” kata Paul Karol dari Universitas Carnegie Mellon di Pittsburg, Pennsylvania, yang mengetuai tim kerja bersama.

Teoritikus nuklir menduga kalau ada sebuah kelas atom super berat yang dapat hidup selama bertahun-tahun. Inti luar mereka akan mempercepat elektron yang mengorbit ke kecepatan relativistik, sehingga mereka dapat memunculkan sifat kimia baru. para peneliti semakin dekat dan dekat pada pulau impian dalam tabel periodik ini.

Secara resmi, sekarang jumlah unsur di tabel kimia adalah 114, yang mencakup unsur 1 (Hidrogen) hingga 112 (Copernicium), unsur 114 (Ununquadium), dan unsur 116 (Ununhexium). Unsur 113, 115, dan 118 ditolak karena bukti yang ada tidak cukup. Sementara unsur 117 belum berhasil dibuat sama sekali.

Sumber

New Scientist, 11 Juni 2011

Referensi lanjut

Robert C. Barber, Paul J. Karol, Hiromichi Nakahara, Emanuele Vardaci and Erich W. Vogt. Discovery of the elements with atomic numbers greater than or equal to 113 (IUPAC Technical Report). Pure and Applied Chemistry, 2011, Vol. 83, No. 7, pp. 1485-1498 doi: 10.1351/pac-rep-10-05-01

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.