Diposting Selasa, 5 Juli 2011 jam 5:07 pm oleh Evy Siscawati

Laju penurunan Alzheimer sudah disetel dari Awal

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 5 Juli 2011 -


 

Craig Thalhauser dan Nathalia Komarova dari Universitas California di Irvine menggunakan sebuah algoritma komputer untuk menganalisa data klinis yang dikumpulkan selama 23 tahun dari hampir 650 orang penderita Alzheimer.

Modelnya menunjukkan kalau ada dua tipe progresi – cepat dan lambat – melewati tiap tahap penyakit ini. Laju rata-rata progresi menembus tiap tahap dua tahun lebih cepat pada kelompok cepat daripada kelompok lambat.

Modelnya juga menunjukkan kalau orang tidak bertukar kecepatan: “Bila mereka bergerak cepat maka mereka akan terus seperti itu,” kata Komarova. “Arah progresi ditentukan dari awal.”

Apa penyebab perbedaan ini tidak jelas, walaupun mungkin karena faktor genetik, seperti, gen untuk protein tau yang berkaitan dengan perkembangan Alzheimer, kata Komarova.

Seseorang yang didiagnosa dengan Alzheimer sekarang dapat membandingkan waktu tahap awal degenerasi terhadap dataset Komarova untuk menentukan masuk kelompok mana dirinya. Penemuan ini juga dapat membantu merancang trial klinis yang lebih efisien, karena jumlah pasien cepat dan lambat dalam kelompok plasebo dan perawatan dapat mempengaruhi hasil.

Sumber

New Scientist, 11 Juni 2011

Referensi jurnal

Craig J. Thalhauser, and Natalia L. Komarova. Alzheimer’s disease: rapid and slow progression. Journal of the Royal Society Interface, doi: 10.1098/rsif.2011.0134

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.