Diposting Senin, 4 Juli 2011 jam 4:46 pm oleh Evy Siscawati

Wanita menjadi Gemuk setelah Melahirkan disebabkan Stress dalam Mengasuh Anak Pertama

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 4 Juli 2011 -


 

Dalam sebuah studi pada 60 ibu yang pertama kali melahirkan, para peneliti menghubungkan indeks massa tubuh (BMI) pasca kehamilan – perbandingan antara berat dan tinggi – dengan kombinasi BMI sebelum kehamilan, kelebihan berat saat hamil, stress mengasuh, dan gaya hidup sedenter, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Women & Health. Studi ini mengukur stress pengasuhan dengan meminta partisipan memberi rating pada pernyataan seperti “Saya merasa kekurangan waktu dengan diri saya sendiri” dan “Saya menikmati menjadi orang tua.” Mereka juga diminta mengingat aktivitas fisik mereka dalam 24 jam sebelumnya, mengkategorikan aktivitasnya dari ringan ke berat.

“Gaya hidup sedenter, atau aktivitas fisik yang rendah, paling dipengaruhi oleh tipe stress pengasuhan yang dilaporkan para ibu,” kata Dr. Deborah Young-Hyman, psikolog perilaku dari Insitut Pencegahan Georgia. “Lebih banyak stress mengasuh, khususnya depresi, berasosiasi dengan kurangnya aktivitas fisik dan tingginya BMI postpartum.”

Menariknya, interaksi sosial, umumnya dipandang sebagai ukuran kesejahteraan, berkorelasi dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi, kata beliau. “Kami pikir wanita bersosialisasi dengan teman-temannya, tidak mengisolasi diri, namun mereka melakukan hal-hal sedenter seperti bicara lewat telpon, menonton televisi atau berkumpul di rumah, bukannya membawa bayinya berjalan bersama.”

“Garis bawahnya adalah stress mengasuh memang mempengaruhi gaya postpartum ibu baru,” kata beliau. Berdasarkan pelacakan bagaimana ibu baru menyesuaikan diri pada pengasuhan, para peneliti mengembangkan intervensi untuk membantu ibu baru menciptakan gaya hidup sehat untuk dirinya sendiri dan bayinya – mencegah kelebihan berat pada ibu dan anak.

Sumber berita :

Georgia Health Sciences University

Referensi jurnal :

Marlo Vernon, Deborah Young-Hyman, Stephen Looney. Maternal Stress, Physical Activity, and Body Mass Index During New Mothers’ First Year Postpartum. Women & Health, 2010; 50 (6): 544 DOI: 10.1080/03630242.2010.516692

 

 

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.