Diposting Senin, 4 Juli 2011 jam 4:56 pm oleh Evy Siscawati

Kecepatan disclaimer Iklan dapat berpengaruh pada Minat Konsumen membeli Produk

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 4 Juli 2011 -


 

Menurut penelitian Universitas Northwestern dan Universitas Wake Forest yang sekarang online di Journal of Consumer Research, disclaimer cepat dapat memberi kesan konsumen kalau pengiklan mencoba menyembunyikan informasi. Walau begitu, brand-brand terpercaya (versus yang terpercaya namun tidak terkenal atau brand tidak terpercaya) kebal pada efek balik disclaimer.

“Bicaralah lambat atau bawa brand terpercaya,” rangkum Kenneth C. Herbst, asisten professor pemasaran di Sekolah Bisnis Universitas Wake Forest dan penulis rekan dalam studi ini.

Eli J. Finkel, asisten professor psikologi di Universitas Northwestern dan penulis lainnya, menawarkan rekomendasi konkrit untuk para pemasar: “Bila anda mempromosikan sebuah brand yang tidak diketahui konsumen atau tidak dipercayai, gunakan pernyatan yang lambat. Karena konsumen tidak tahu apakah mereka dapat mempercayai anda, anda harus hati-hati agar terhindar dari dugaan menyembunyikan sesuatu. Disclaimer cepat dapat terlihat menyembunyikan sesuatu.

“Sebaliknya, bila anda mempromosikan brand yang terpercaya, silakan menghemat waktu dengan menggunakan iklan cepat. Gunakan detik-detik iklan anda yang berharga untuk mempromosikan produk anda bukannya menghabiskan waktu pada disclaimer,” katanya.

Studinya menunjukkan kalau ketika konsumen tidak memiliki informasi terpercaya mengenai sebuah brand yang diiklankan atau percaya kalau brandnya tidak terpercaya, disclaimer cepat mengabaikan minat beli mereka. Sebaliknya, ketika konsumen percaya pada brand yang diiklankan, mereka tidak dipengaruhi oleh kecepatan disclaimer.

Penemuan ini memiliki implikasi praktis untuk pengiklan dan pembuat kebijakan. Sebagai contoh, menurut Herbst, kebijakan ynag mengatur isi disclaimer namun bukan kecepatan disclaimer dapat secara sistematis membantu beberapa perusahaan dari lainnya.

Studi ini akan muncul online sekarang dan akan terbit cetak bulan februari 2012 pada Journal of Consumer Research.

Sumber berita:

Northwestern University

Referensi jurnal:

Kenneth C. Herbst, Eli J. Finkel, David Allan, Gráinne M. Fitzsimons. On the Dangers of Pulling a Fast One: Advertisement Disclaimer Speed, Brand Trust, and Purchase Intention. Journal of Consumer Research, 2011; (ahead of print) [link]

 

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.