Diposting Minggu, 26 Juni 2011 jam 12:53 pm oleh Evy Siscawati

Cewek Macho mendapat Masalah waktu Kerja

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 26 Juni 2011 -


Walaupun wanita mengalami kemajuan besar dalam dunia kerja, mereka masih tertinggal di banding pria saat berada di posisi puncak. Salah satu penjelasannya adalah karena wanita yang menunjukkan sifat-sifat yang konsisten dengan manajer yang sukses (kepercayaan diri, asertivitas, dan dominasi) dipandang negatif oleh sebagian orang karena tidak berperilaku feminin secara tradisional. Hal ini disebut efek ‘backlash.’ Wanita seperti ini dipandang lebih kompeten namun juga dipandang tidak berkemampuan sosial, kurang disukai, dan kurang dipromosikan.

Untuk memastikan apakah wanita akan mendapatkan manfaat dari perilaku monitoring diri dan mengetahui bagaimana mereka dipersepsi oleh orang lain, penelitian ini mengumpulkan informasi dalam dua periode waktu. Tahun 1986 dan 1987, 80 mahasiswa program MBA (47% wanita) mengisi kuesioner kepribadian dan manajemen, dan tujuh tahun kemudian, kuesioner lanjutan diberikan pada mereka untuk mengetahui sejarah karirnya. Hasilnya menunjukkan kalau para wanita yang menunjukkan karakteristik laki-laki dan mengawasi sendiri perilaku mereka lebih mungkin dipromosikan daripada mereka yang tidak melakukan pengawasan diri. Hal ini tidak terjadi pada pria.

O’Neill berkomentar: “Wanita karir mengalami dilema nyata: bila mereka dilihat berperilaku secara stereotipe laki-laki, mereka dapat merusak kesempatan promosinya, walaupun sifat tersebut sinonim dengan manajer yang sukses. Penemuan ini menyarankan kalau bila wanita ini belajar bagaimana mengawasi sendiri perilaku mereka, mereka meraih kesempatan yang lebih baik untuk mendapat promosi.”

Journal of Occupational Psychology diterbitkan oleh BPS Journals bekerja sama dengan Wiley-Blackwell.

Sumber berita:

British Psychological Society (BPS)

 

Referensi jurnal:

Olivia A. O’Neill, Charles A. O’Reilly III. Reducing the backlash effect: Self-monitoring and women’s promotions. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 2011; DOI: 10.1111/j.2044-8325.2010.02008.x

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.