Diposting Rabu, 22 Juni 2011 jam 4:22 pm oleh Evy Siscawati

Manajemen Nutrisi Pasien Tuberkulosis

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 22 Juni 2011 -


 

Literatur ilmiah yang ada terbatas mengenai hal ini, namun menariknya, satu-satunya studi buta ganda dan acak yang ada berasal dari Indonesia. Studi yang dilakukan oleh dr. Karyadi dkk tahun 2002 ini membandingkan supplementasi vitamin A dan zinc dengan plasebo pada 80 pasien TB pulmoner di Jakarta. BMI adalah kurang dari 18.5 kg/m2 pada 64% pasien TB, retinol plasma <0.70 mmol/l dalam 32%, dan zinc plasma <10.7 mmol/l pada 30% pasien.

Setelah perlakuan, zinc plasma sama dalam kedua kelompok, dan retinol plasma lebih tinggi secara signifikan pada kelompok suplemen. Konversi sputum dan resolusi keluasan radiografis penyakit paru sedikit lebih cepat pada kelompok suplemen.

Panduan kasar mencakup sedikitnya 2 gram protein bermutu tinggi dan 50kcal energi per kilogram berat tubuh per hari, dengan asupan kalorik tersebar 40-50% dari karbohidrat, 30–40% protein, dan tidak lebih dari 20% hingga 30% lemak, mencakup asam lemak esensial. Nutrisi mikro harus dipasok setidaknya harian, walaupun beberapa pakar meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk fungsi kekebalan sel dan regenerasi jaringan, khususnya vitamin A, B6, dan mineral tembaga, besi, dan zinc. Calcitriol, misalnya, berperan penting dalam aktivasi makrofag dan telah ditunjukkan menyumbang pada pengendalian pertumbuhan intrasel M. tuberculosis.

Sumber

Caballero, B., Allen, L., Prentice, A. (Eds.) 2005. Encyclopedia of Human Nutrition. 2nd Edition. Elsevier.

Referensi lanjut

Karyadi E, West CE, Schultnik W et al. (2002) A double-blind, placebo-controlled study of vitamin A and zinc supplementation in persons with tuberculosis in Indonesia: Effects on clinical response and nutritional status. American Journal of Clinical Nutrition 75: 720–727.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.