Diposting Sabtu, 18 Juni 2011 jam 4:55 pm oleh Evy Siscawati

Galaksi Dekat mengandung Dua Lubang Hitam Monster yang Aktif

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 18 Juni 2011 -


 

“Pada jantung sebagian besar galaksi besar, termasuk Bima Sakti, ada lubang hitam supermasif seberat jutaan kali massa matahari,” kata Michael Koss, penulis perdana dari Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt, Md., dan University of Maryland in College Park (UMCP). “Sebagian darinya memancarkan miliaran kali lebih banyak energi dari matahari.”

Astronom menyebut pusat galaksi yang memancarkan emisi demikian kuat sebagai inti galaksi aktif (AGN). Namun seumum lubang hitam monster, hanya sekitar 1 persen diantaranya AGN yang kuat. AGN ganda lebih langka lagi: Markarian 739 hanyalah yang kedua diketahui dalam jarak satu miliar tahun cahaya.

“Jika dua galaksi bertubrukan dan masing-masing memiliki sebuah lubang hitam supermasif, harusnya ada saat ketika kedua lubang hitam menyala sebagai AGN,” kata penulis Richard Mushotzky, professor astronomi UMCP. “Kami tidak melihat banyak AGN ganda, jadi kami minta bantuan Chandra.”

Jarak yang memisahkan kedua lubang hitam sekitar sepertiga jarak yang memisahkan tata surya dari pusat galaksi kita. AGN ganda Markarian 739 adalah kedua yang terdekat diketahui, baik dalam hal jarak dari satu sama lain dan jarak dari Bumi. Walau begitu, galaksi lain yang bernama NGC 6240 memegang kedua rekor.

Sumber berita :

NASA/Goddard Space Flight Center.

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.