Diposting Rabu, 15 Juni 2011 jam 2:37 pm oleh Evy Siscawati

Robot Sepeda Satu Roda yang dapat Seimbang saat Diam

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 15 Juni 2011 -


 

Patryk Cieslak, seorang mahasiswa PhD dari Universitas Sains dan Teknologi AGH di Cracow, Polandia, dan rekan-rekannya memutuskan untuk menggunakan pendekatan yang berbeda. Robot mereka dipaket dalam satu roda tunggal: motor, baterai dan kontrolnya tetap diam di tengah roda sementara sebuah ban karet berputar berkeliling di luarnya.

Untuk menjaganya tetap tegak, tim peneliti meletakkan sebuah tuas diberatkan yang dapat miring ke tiap sisi tubuh roda. Bila roda mulai jatuh ke kanan, misalnya, tiga sensor akan mendeteksi gerakannya: sebuah inklinometer untuk mendeteksi kemiringan, plus sebuah akselerometer, dan sebuah giroskop untuk mendeteksi perubahan arah. Ketiganya kemudian mengirim sinyal ke sebuah rangkaian kontrol untuk menggerakkan tuas ke kiri sehingga kembali seimbang. Dengan melakukan penyetelan terus menerus, tuas menjaga roda tetap tegak.

Pada akhirnya konsep ini dapat dipakai pada transportasi. Telah ada motor satu roda dimana pengendara duduk di dalam roda besar yang berputar dan mengendalikannya dengan belajar, kata Cieslak, namun mereka sulit dikendalikan. Versi yang diperbesar dari robot satu roda dapat lebih aman, karena ia menyeimbangkan dirinya sendiri secara aktif.

Menggunakan tuas untuk menyeimbangkan roda adalah pendekatan yang sah, kata Ben Brown dari Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh, Pennsylvania. “Ia menyederhanakan banyak hal. Tentu saja kontrolnya menjadi lebih sulit.” Robot ini lebih sulit dikendalikan semakin ia cepat bergerak, tambah Brown, karena tuas harus mengatasi efek giroskopik yang semakin meningkat.

Sumber berita

New Scientist, 11 Juni 2011.

Referensi Jurnal

Patryk Cieslak , Tomasz Buratowski , Tadeusz Uhl and Mariusz Giergiel. The mono-wheel robot with dynamic stabilisation . Robotics and Autonomous Systems, doi: 10.1016/j.robot.2011.05.002

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.