Diposting Rabu, 15 Juni 2011 jam 2:25 pm oleh Evy Siscawati

Mobil Hibrid dengan Teknologi Lama lebih Hemat Biaya

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 15 Juni 2011 -


 

Menyimpan energi kendaraan di flywheel telah dicoba di kereta api dan bus selama berpuluh tahun, namun alat ini terbukti terlalu besar dan berat sehingga tidak praktis. Desain Ricardo hanya berdiameter 23 cm dan berat roda ini hanya 4,5 kg, namun dapat mengirimkan 30 kW tenaga ke transmisi kendaraan.

Kecepatan tinggi Kinergy dimungkinkan karena ia berputar dalam ruang hampa – hambatan udara dan panas akan merobeknya. Untuk mentransfer energi masuk dan keluar sebuah benda yang berputar begitu cepat dalam sebuah ruang disegel hampa, tim ini harus merancang sebuah sistem gigi yang tidak melakukan kontak mekanik.

Sistem ini mencapainya lewat gigi magnetik, dimana sebuah array magnet permanen yang kuat diset di shaft flywheel dan array magnet lain dipasang di shaft luar. Di antaranya, sebuah cincin segmen-segmen baja ikut campur dalam medan magnet sedemikian hinga ketika satu shaft berputar, ia menyebabkan yang lain ikut berputar pada kecepatan berbeda. Dengan rasio gigi 10 banding 1, kecepatan rotasi menjadi dapat diatur untuk transmisi konvensional, kata Atkins.

Bila uji pada bus berhasil, mereka dapat memperluas adopsi flywheel ini untuk membantu mentenagai mobil hibrid. “Ini merupakan penerapan yang akan sangat menarik,” kata Alan Ruddell dari Satuan Penelitian Energi, Laboratorium Appleton Rutherford di Oxfordshire, Inggris.

Sumber

New Scientist, 11 Juni 2011

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.