Diposting Rabu, 8 Juni 2011 jam 5:07 pm oleh Evy Siscawati

Stempel Nano Biaya Rendah

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 8 Juni 2011 -


 

Selama bertahun-tahun, para ilmuan telah menyelidikan manfaat bahan-bahan yang disebut bahan nano berpori pada sejumlah penerapan seperti pengiriman obat, sensor biologi dan kimia, sel surya dan elektroda baterai. Ada pori nano yang dibuat dari emas, silikon, alumina, dan titanium okside, dll.

Sekarang, asisten profesor Teknik Listrik Sharon M. Weiss dan koleganya berhasil mengembangkan proses stempel berbiaya murah yang dapat menstempel beragam alat nano dari bahan mengagumkan ini. “Mengejutkan betapa mudahnya ini. Kami membuat stempel pertama kita menggunakan alat biasa,” kata Weiss. “Dan resolusinya sangat mengagumkan.”

Peralatan pertama yang dibuat grup ini adalah biosensor berbasis difraksi yang dapat dikonfigurasi untuk menemukan berbagai molekul organik, termasuk DNA, protein, dan virus. Alat ini terdiri dari grating yang dibuat dari silikon berpori yang diperlakukan sedemikian hingga molekul target akan menempel padanya. Sensor terpaparkan pada sebuah cairan yang dapat mengandung molekul target dan kemudian dibersihkan. Bila target ada, maka sebagian molekul akan menempel di gerat dan merubah pola cerminan cahaya yang diproduksi ketika gerat dipancari laser.

Menurut analisis para peneliti, ketika biosensor demikian dibuat dari silikon berpori nano, ia lebih sensitif daripada yang dibuat dari silikon biasa. Grup Weiss bekerjasama dengan koleganya dari Teknik Kimia dan Biomolekuler dalam menggunakan teknik baru ini untuk membuat sensor-sensor kimia berpola nano yang sepuluh kali lebih sensitif daripada sensor kimia lain yang tersedia secara komersil yang disebut Klarite yang berbasis pasar multijuta dollar.

Sumber berita :

Vanderbilt University.

Referensi jurnal :

Judson D. Ryckman, Marco Liscidini, J. E. Sipe, S. M. Weiss. Direct Imprinting of Porous Substrates: A Rapid and Low-Cost Approach for Patterning Porous Nanomaterials. Nano Letters, 2011; 11 (5): 1857 DOI: 10.1021/nl1028073

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.