Diposting Rabu, 8 Juni 2011 jam 5:03 pm oleh Evy Siscawati

Lubang Hitam berputar Semakin Lama Semakin Cepat

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 8 Juni 2011 -


 

Selain radiasi, jet-jet ganda sering berasosi dengan lubang hitam dan cakram akresinya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jet-jet ini dihasilkan, namun pusaran lubang hitam supermasif diyakini berpengaruh kuat. Walau begitu, ada prediksi yang berbeda mengenai bagaimana putaran lubang hitam berevolusi dan hingga kini evolusi ini masih belum dipahami dengan baik.

Dengan memakai pengamatan radio, kedua astronom mampu mensampel populasi lubang hitam, mendeduksi persebaran kekuatan jet. Dengan memperkirakan bagaimana mereka mendapatkan bahan (proses akresi) kedua ilmuan mampu menyimpulkan seberapa cepatnya objek ini berputar.

Pengamatan mereka juga memberikan informasi mengenai bagaimana putaran lubang hitam supermasif berevolusi. Di masa lalu, ketika alam semesta separuh ukuran sekarang, secara praktis semua lubang hitam supermasif berputar sangat lambat, sementara sekarang sebagian memiliki putaran sangat tinggi. Jadi secara rata-rata, lubang hitam supermasif berputar lebih cepat daripada sebelumnya.

Dalam komentarnya atas hasil ini, Dr Martinez-Sansigre mengatakan: “Pusaran lubang hitam dapat memberi tahu anda banyak hal mengenai bagaimana mereka terbentuk. Hasil kami menyarankan kalau di masa sekarang sejumlah besar lubang hitam paling masif entah bagaimana dipercepat. Penjelasan yang mungkin adalah mereka telah bergabung dengan lubang hitam lain dengan massa yang kurang lebih sama, yang merupakan peristiwa sangat spektakuler, dan hasil akhir penyatuan ini adalah lubang hitam yang berputar lebih cepat.”

Sumber berita:

Royal Astronomical Society (RAS).

Referensi jurnal :

Alejo Martinez-Sansigre and Steve Rawlings. Observational constraints on the spin of the most massive black holes from radio observations. Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, 2011 (in press) [link]

 

 

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.