Diposting Senin, 6 Juni 2011 jam 2:53 pm oleh Evy Siscawati

Perilaku Pertahanan Diri Bekantan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 6 Juni 2011 -


 

Sosioekologi bekantan (Nasalis larvatus) telah dipelajari di Stasiun Natai Lengkuas, di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah, Indonesia oleh Carey P Yeager tahun 1992. Bekantan membentuk kelompok-kelompok stabil terdiri dari satu jantan, dengan kelompok-kelompok spesifik secara teratur berasosiasi dengan lokasi tidur mereka. Baik perilaku agonistik intensitas tinggi antarkelompok dan intrakelompok seperti menampar, mengejar, dan menggigit, langka ditemukan. Perilaku  agonistik tingkat rendah lah yang sering terjadi. Perilaku ini antara lain vokalisasi, menggoyang ranting, membuka mulut besar-besar, dan, uh, ereksi alias menegakkan penis.

Dengan jangkauan usia hanya 13,5 tahun, strategi pertahanan diri mereka sungguh aneh. Ketika terdapat ancaman, penis sang jantan akan menegak, mereka merentangkan kaki selebar mungkin sehingga penisnya memerah, lalu menunjukkannya ke teman-temannya sebagai peringatan adanya bahaya sehingga teman-temannya (atau para selirnya karena semuanya perempuan)  dapat kabur dari bahaya.

Referensi

BBC, Proboscis Monkey

The 8 Most Disgusting Animal Defenses | Cracked.com

Yeager, C. P. (1992), Proboscis monkey (Nasalis larvatus) social organization: Nature and possible functions of intergroup patterns of association. American Journal of Primatology, 26: 133–137. doi: 10.1002/ajp.1350260207

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.