Diposting Sabtu, 21 Mei 2011 jam 6:46 pm oleh Evy Siscawati

Kepunahan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 21 Mei 2011 - Kepunahan adalah bagian alami dari proses evolusi. Sebagian besar spesies yang pernah ada di planet ini telah punah, termasuk leluhur manusia purba kita.


 

Ekosistem yang sehat menyeimbangkan pembentukan spesies dengan kepunahan; karenanya kepunahan dinosaurus menciptakan kesempatan bagi leluhur mamalia kita untuk melimpah ruang. Akankah spesies kita juga akan punah? Tidak diketahui.

Para ahli ekologi takut kalau kepunahan saat ini terjadi terlalu cepat; intervensi manusia telah membuat ekosistem menjadi tidak seimbang. Populasi manusia yang besar mengancam habitat alami dan membahayakan ribuan spesies yang saling ketergantungan.

Sebagai contoh, harimau gigi pedang punah 11 ribu tahun lalu, kemungkinan karena manusia. Karena manusia telah menyebabkan banyak kepunahan dengan pemburuan berlebih, penghancuran habitat dan banyak tindakan lain, kita semestinya menjadi perawat yang lebih baik untuk masa depan Bumi.

Sumber

Donald Johanson. Becoming Human.

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Fans Facebook

Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.