Diposting Selasa, 17 Mei 2011 jam 12:28 pm oleh Evy Siscawati

Mengapa ada Spesies?

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 17 Mei 2011 -


 

Mungkin anda pernah mendengar persilangan antara anggrek hitam dan anggrek putih tapi punya keturunan yang berwarna pudar. Persilangan bisa dilakukan antara dua spesies yang sama. Anggrek putih dan anggrek hitam adalah spesies yang sama, warnanya yang berbeda menunjukkan bahwa varian mereka yang berbeda.

Persilangan atau hibrid membuat spesies ada. Jika dua individu memiliki genotipe yang tidak mirip, maka kombinasi gen orang tua akan tidak seimbang. Individu yang dihasilkan akan bermutu rendah dan segera mati, terseleksi oleh alam. Individu yang dilahirkan juga kemungkinan mandul. Itupun kalau memang kedua orang tua (katakanlah anjing kawin dengan manusia) bisa menghasilkan keturunan.

Genotipe orang tua harus sangat mirip agar bisa menghasilkan keturunan yang berhasil. Tapi tidak boleh terlalu mirip, seperti sesama saudara kandung, karena keturunan yang dihasilkan menjadi miskin variasi genetik dan lemah terhadap beberapa karakteristik untuk bertahan hidup.

Referensi

Ernst Mayr. 2001. What Evolution Is. Orion Publishing Group.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.