Diposting Minggu, 15 Mei 2011 jam 6:00 pm oleh Evy Siscawati

10,000 BC

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 15 Mei 2011 -


 

Setidaknya ada beberapa elemen yang dapat diperiksa konsistensinya dengan fakta sejarah dalam 10,000 SM. Kita melihat adanya mamoth yang membangun piramid, harimau gigi pedang dan titanis. Ketiga jenis hewan ini telah punah, namun berdasarkan film ditunjukkan masih ada di tahun 10,000 SM.

Zoologi

Mamoth

Mamoth memang diduga masih hidup di sekitar tahun 10,000 SM. Walau begitu, mamoth wol teradaptasi untuk hidup di daerah beku. Dalam film 10,000 BC ditunjukkan kalau mamoth justru hidup di padang pasir. Hal ini tidak akurat, mamoth jelas tidak akan mampu bertahan hidup di iklim panas.

Harimau gigi pedang

Harimau gigi pedang juga diduga masih hidup di sekitar tahun 10,000 SM. Ia punah tahun 9000 SM. Manusia purba yang mencapai amerika utara pada akhir zaman es, sering bertanggung jawab atas kepunahan harimau gigi pedang. Walau begitu, hal ini tidak berlaku pada populasi Smilodon, yang telah punah jauh sebelum manusia tiba ke Amerika selatan. Jadi, yang lain menyarankan kalau akhir zaman es adalah penyebab kepunahannya, bukannya manusia. Karena zaman es berakhir, lingkungan menyempit dan pola vegetasi berubah. Padang rumput yang luas dengan berbagai tipe rumput dan hutan terisolasi menggantikan campuran hutan padang rumput yang sehat. Musim dingin dan panas menjadi lebih ekstrim dan amerika utara mengering atau mulai tertutup salju, sehingga menghapus sumber makanan mammoth dan gilirannya smilodon. Karena smilodon pada dasarnya bertopang pada ketersediaan mangsa besar, lenyapnya megafauna dapat menyebabkan kepunahannya. Faktor ini beserta kemungkinan predasi oleh manusia atau kompetisi berburu di utara menghasilkan kepunahan harimau gigi pedang.

Titanis

Review merujik pada adanya ayam karnivora, burung unta gila dan dodo raksasa dalam adegan serangan di hutan. Hewan ini besar kemungkinannya adalah burung teror predator raksasa bernama Titanis, yang hidup kurang lebih pada masa tersebut/ Walau begitu berdasarkan analisis terbaru, Titanis tidak pernah bertemu dengan manusia karena telah punah sebelum itu.

Antropologi

Piramida

Dalam film 10.000 BC, piramida Mesir dibangun oleh orang-orang yang menggunakan mamoth wol. Telah dikatakan bahwa mamoth wol hidup di zaman es seperti yang dideskripsikan dengan cukup akurat di film animasi Ice Age. Di sisi lain, menurut teori standar, piramida dibuat antara tahun 2500 hingga 2000 SM. Dilihat dengan cara ini, maka ini merupakan kekeliruan terbesar mengenai deskripsi sejarah di film 10.000 BC.

Teori alternatif tentang asal usul piramida memang mengatakan kalau piramida dibangun pada tahun 10.450 SM, bertepatan dengan konjungsi bintang-bintang tertentu yang diduga memandu pembuatan piramida. Bila kita menggunakan teori ini, maka dapat dikatakan bahwa film 10.000 BC memang akurat. Walau begitu, teori ini tidak dipandang lagi karena bertentangan dengan berbagai bukti yang ada dari antropologi yang akan dijelaskan selanjutnya. Bahkan bila memang teori ini benar, mamoth tetap tidak dapat digunakan untuk membangun piramida. Hewan besar lain mungkin dapat, seperti gajah purba yang lebih mampu beradaptasi dengan daerah panas.



 

Pertanian

Tahun 10.000 SM adalah masa dimana pertanian baru saja ditemukan oleh manusia dan masih hanya di beberapa lokasi. Baru pada tahun 9000 SM masyarakat di dunia secara umum beralih dari masyarakat pemburu-pengumpul makanan menjadi masyarakat agraris. Arkeolog menyebutnya masa Protoneolitik, yang berlangsung hingga 7000 SM. Cakupan wilayahnya mulai dari Iran barat, Irak, Siria, Libanon, Yordania, Israel, Anatolia hingga ke Yunani. Baru masa protoneolitik meluas ke Eropa tengah dan utara.

Peternakan

Catatan sejarah tertua praktek peternakan juga berasal dari 9000 SM dengan penemuan praktek peternakan domba di Irak. Peternakan sapi dan babi baru ditemukan paling tua 6000 SM. Pada masa protoneolitik, masyarakat mengembangkan sistem ekonomi berbasis pertanian dan peternakan.

Seni Gerabah

Seni gerabah pertama muncul antara 7000-6000 SM. Hal ini membuat masa neolitik terbagi menjadi masa pra keramik dan masa keramik.

Kota pertama

Kota kuno Catal Huyuk di Anatolia ditemukan sebagai kota yang kaya dengan gerabah. Kota ini diduga berasal dari 6500 SM. Sementara itu, kota dengan monumen besar, baru ditemukan pada sekitar 4000 SM.

Kesimpulan

Film 10,000 BC secara biologis kurang akurat terutama pada penggunaan mamoth untuk konstruksi piramida di tengah gurun dan adanya titanis. Sementara itu, deskripsi antropologi dalam film 10,000 BC juga tidak akurat karena tidak sesuai dengan pengetahuan kita mengenai sejarah perkembangan kebudayaan manusia.

Situs resmi

10000 BC Movie

Referensi review

Annalee Newitz. 10,000 BC — This Ain’t Evolution

David Bentley. Apr 13, 08. 10,000 BC movie review: An analysis of fantasy vs history.

Yahoo’s movie page.

Rotten Tomatoes

Yahoo Review 10,000 BC

Referensi sains

Heather Pringle Urbanization at Tell Brak, Syria Archaeology, Volume 61 Number 1, January/February 2008
BBC. 31 January 2007.‘Terror birds’ never met humans
Fromm, E. The Anatomy of Human Destructiveness. New York, 1973.
Wikipedia. Ancient Egypt History.
Wikipedia. Smilodon.

Referensi Lanjut

E. Anderson, 1967. Plants, Man and Life. Berkeley: UC Press

J. Mellart, 1967. Catal Huyuk: A Neolithic Town in Anatolia. London: Thames and Hudson.

L. Mumford, 1967. The Myth of Machine: Techniques in Human Development. New York: Harcort Jovanovich.

O. Ames, 1939. Economic Annuals and Human Cultures. Cambridge: Botanical Museum of Harvard University.

V.G. Childe, 1936. Man Makes Himself. London: Watts.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.