Diposting Selasa, 10 Mei 2011 jam 2:35 pm oleh Evy Siscawati

Seni Membuat Bintang

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 10 Mei 2011 -


 

Ragam warna mengagumkan yang terlihat dalam gambar ini mewakili berbagai panjang gelombang cahaya inframerah. Nebula putih terang di pusat citra berpendar karena pemanasan dari bintang dekat, menghasilkan apa yang disebut nebula emisi. Yang sama juga terjadi pada sebagian besar gas aneka warna yang bertebaran di gambar ini, termasuk tampilan berbentuk busur kebiruan di dekat kanan bawah. Daerah merah terang di kanan bawah adalah cahaya dari bintang di tengahnya — Sigma Scorpii – yang terpantulkan dari debu-debu yang mengelilinginya, menciptakan apa yang disebut nebula refleksi. Dan daerah yang jauh lebih gelap tersebar di gambar adalah kantung-kantung gas padat dingin yang memblokir cahaya latar belakang, menghasilkan nebula penyerap (atau nebula gelap). Detektor panjang gelombang lebih panjang WISE dapat melihat menembus nebula gelap ini, namun kali ini yang satu ini sangat tebal.

JPL mengendalikan dan mengoperasikan Wide-field Infrared Survey Explorer untuk Direktorat Misi Antariksa NASA, Washington. Penyelidik utama, Edward Wright, berasal dari UCLA. Misinya dipilih secara kompetitif dalam Program Penjelajah NASA yang diatur oleh Pusat Penerbangan Antariksa Goddard, Greenbelt, Md. Instrumen sains dibangun oleh Laboratorium Dinamika Antariksa, Logan, Utah, dan pesawatnya dibuat oleh Ball Aerospace & Technologies Corp., Boulder, Colo. Operasi sains dan pengolahan data dilakukan oleh Pusat Pengolahan dan Analisa Inframerah di Institut Teknologi California di Pasadena. Caltech mengatur JPL untuk NASA.

Informasi lebih lanjut tersedia online di http://www.nasa.gov/wise dan http://wise.astro.ucla.edu serta http://jpl.nasa.gov/wise .

Sumber berita:

NASA/Jet Propulsion Laboratory.

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.