Diposting Minggu, 8 Mei 2011 jam 6:07 pm oleh Evy Siscawati

Para Ilmuan Mendemonstrasikan Logika Kuantum Serat

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 8 Mei 2011 -


 

Satu-satunya teknologi kuantum yang digunakan secara praktis sekarang adalah kriptografi kuantum dan terbatas dalam jarak dimana komunikasi yang aman dapat terjadi.

Jaringan kuantum yang lebih memuaskan membutuhkan noktah-noktah dengan kemampuan mengimplementasikan pengolahan kuantum berskala kecil untuk meningkatkan jangkauan komunikasi kuantum. Jaringan demikian akan bertopang pada sambungan serat optik, membuat pembangkitan foton berbasis serat dan pengolahan informasi dari hal-hal teknologis yang berperan kunci.

Jeremy O’Brien, Professor fisika dan teknik elektro Universitas Bristol dan rekan-rekannya, telah menunjukkan kalau mungkin untuk gerbang NOT-terkendali serat berfidelitas tinggi beroperasi dengan sumber foton tunggal.

Professor O’Brien mengatakan “Berdasarkan model sederhana kami mampu menyimpulkan kalau ketidaksempurnaan yang ada terutama karena sumber foton, yang berarti gerbangnya sendiri bekerja dengan fidelitas sangat tinggi.”

“Pengolahan informasi kuantum berbasis serat tersebut akan memiliki penerapan penting dalam jaringan kuantum di masa depan.”

Pengolahan informasi kuantum berbasis serat dapat digunakan dalam teknologi kuantum yang kurang dewasa seperti komputasi, komunikasi dan pengukuran mutakhir, serta sains dasar optika kuantum.

Tim ini melaporkan hasilnya dalam edisi Maret 2009 jurnal Physical Review A (Vol 79, No 3).

Sumber berita:

University of Bristol.

Referensi jurnal:

Alex S. Clark, Jérémie Fulconis, John G. Rarity, William J. Wadsworth, and Jeremy L. O’Brien. All-optical-fiber polarization-based quantum logic gate. Physical Review A, 2009; 79 (3): 030303 DOI: 10.1103/PhysRevA.79.030303

Top of Form

 

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.