Diposting Minggu, 8 Mei 2011 jam 5:35 pm oleh Evy Siscawati

Astrofisikawan Malaysia bukan Duta Besar Bumi untuk Alien

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 8 Mei 2011 -


Menurut beberapa laporan berita Inggris, PBB akan menugaskan astrofisikawan Malaysia Mazlan Othman sebagai duta besar antariksa organisasi dunia ini untuk urusan kontak luar bumi.

Hal ini akan menjadikan Othman titik kontak pertama jika alien memang ada dan mengunjungi Bumi. namun tampaknya ada kebingungan apakah laporan ini benar atau tidak.

Dalam merespon email dari The Guardian, koran Inggris, Othman menulis: “Itu kedengarannya sangat bagus, sayangnya saya harus menyangkalnya.”

Othman saat ini menjabat sebagai direktur Kantor Urusan Antariksa PBB, yang merupakan cabang Sidang Umum yang “bertanggung jawab untuk mempromosikan kerjasama internasional dalam penggunaan antariksa secara damai,” seperti dinyatakan dalam situs resminya.

Kantor Urusan Antariksa didirikan tahun 1962 dan berbasis di kantor PBB di Wina, Austria.

Laporan berita sebelumnya mengatakan Othman akan mengajukan diri untuk posisi duta besar di konferensi ilmiah Buckinghamshire, Inggris awal Oktober 2010. Bila proposal ini diterima komite penasehat ilmiah PBB, ia akan diarahkan ke Sidang Umum, menurut Wired Inggris.

Wired juga melaporkan kalau pada kuliahnya, Othman mengklaim kalau dalam pencarian kehidupan alien ada harapan “suatu saat manusia akan mendapatkan sinyal dari mahluk luar angkasa. Ketika itu terjadi, kita harus memiliki respon terkoordinasi yang mempertimbangkan segala hal sensitif terkait subjek ini.”

Othman telah memiliki sejarah panjang prestasi dan penghargaan, termasuk menjadi astrofisikawan Malaysia pertama, kepala planetarium nasional negara tersebut. Pekerjaannya sebagai direktur Badan Antariksa Malaysia telah membantu berangkatnya antariksawan pertama negara tersebut, Sheikh Muszaphar Shukor, ke Stasiun Antariksa Internasional tahun 2007, menurut Wired.

Baru-baru ini, ilmuan terkenal Inggris Stephen Hawking menyatakan kalau jika bentuk kehidupan alien cerdas memang ada di antariksa, mereka mungkin bukan tetangga kosmik yang bersahabat seperti yang kita inginkan.

“Alien maju seperti itu mungkin adalah nomaden, mencoba menaklukkan dan mengkolonisasi planet apapun yang dapat mereka jangkau,” kata Hawking bulan April 2010 dalam sebuah serial TV berorientasi sains. “Jika demikian masuk akal bagi mereka untuk mengeksploitasi setiap planet baru untuk bahan membuat lebih banyak pesawat untuk menyebar luas. Siapa yang tahu batasannya?”

Sumber:

SPACE.com Staff. United Nations to Appoint Alien Ambassador? 27 September 2010

Referensi lanjut :

Matthew Weaver. UN plan for ‘alien ambassador’ a case of science fiction? guardian.co.uk, 27 Sep 2010

Christian Sugiono, Selasa, 03 Mei 2011. Konspirasi Alien, UFO, 2012, Bla Bla Bla

“Supra-Earth Affairs – The United Nations Scenario” rekaman audio kuliah Royal Society Scientific Discussion Meeting “The detection of extra-terrestrial life and the consequences for science and society”, Royal Society, London, 25–26 January 2010

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.