Diposting Kamis, 5 Mei 2011 jam 12:29 pm oleh Evy Siscawati

Cegukan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 5 Mei 2011 -


Asal Usul Cegukan

Christian Straus dan kawan-kawan dari Kelompok Penelitian Pernapasan Universitas Calgary Kanada mengatakan bahwa cegukan adalah sisa-sisa evolusi kita dari pernapasan amfibi; amfibi seperti katak menelan udara dan air lewat refleks motorik sederhana yang terwariskan pada cegukan mamalia. Dalam mendukung gagasan ini, mereka mengamati kalau jalur motorik yang memungkinkan cegukan dari perkembangan janin awal sebelum jalur motorik yang memungkinkan ventilasi paru normal terbentuk. Karenanya menurut teori rekapitulasi, cegukan adalah anteseden evolusioner dari respirasi paru modern.

Selain itu, mereka menunjukkan kalau cegukan dan penelanan amfibi dihambat oleh kadar CO2 yang naik dan dapat dihentikan sepenuhnya oleh obat Baclofen (sebuah agonis reseptor GABAB), menunjukkan fisiologi dan warisan evolusi bersama.

Proposal ini menjelaskan mengapa bayi prematur menghabiskan 2.5% waktunya untuk cegukan, mereka bahkan menelan seperti amfibi, karena paru mereka tidak sepenuhnya terbentuk.

Cegukan pada Bayi

Cegukan intrauterin janin  fisiologis mulai terjadi pada 28 minggu setelah konsepsi dan cenderung berlangsung selama lima hingga sepuluh menit. Cegukan ini adalah bagian dari perkembangan janin dan berasosiasi dengan myelinasi syaraf Frenik (yang mengendalikan diafragma).

Cegukan pada Orang Dewasa

Cegukan pada orang dewasa disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit tubuh (hipokalemia atau hiponatremia). Cegukan ini dapat dihentikan dengan meminum cairan karbonasi yang mengandung garam untuk menormalkan keseimbangan kalium-natrium dalam sistem syaraf. Minuman ringan bersoda yang umum ditemukan di warung dapat meredakannya. Walau begitu, minuman bersoda justru dapat menimbulkan cegukan bagi orang yang tidak mengalami cegukan sebelumnya, karena menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Selain minuman bersoda, air garam juga dapat mengurangi atau menghilangkan cegukan.

Cegukan yang sangat panjang, dapat mencapai bertahun-tahun, kemungkinan disebabkan tumor di wilayah otak, terutama daerah yang mengendalikan aktivitas vaskuler. Kasus ini ditemukan pada Briton Christopher Sands. Ketika 2/3 tumor di angkat, cegukan lenyap.

Sumber

Wikipedia. Hiccup.

Referensi lanjut

Straus, C.; Vasilakos, K; Wilson, RJ; Oshima, T; Zelter, M; Derenne, JP; Similowski, T; Whitelaw, WA (February 2003). “A phylogenetic hypothesis for the origin of hiccough”. BioEssays 25 (2): 182–188.

Symons, Jane (May 8, 2008). “So does holding your breath REALLY banish hiccups?”. London: The Sun.

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.