Diposting Minggu, 1 Mei 2011 jam 6:03 pm oleh Evy Siscawati

Sepeda masa depan yang lebih Stabil

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 1 Mei 2011 -


 

Coba dorong sepeda yang sedang tidak dinaiki dengan cepat. Sepedanya akan tetap tegak untuk waktu cukup lama, sambil maju ke depan. Ketika ia mulai limbung ke kiri atau kanan, roda depan mengendalikannya dari jatuh dengan memperbaiki kemiringannya. Studi-studi sebelumnya mengatakan bahwa ini adalah efek giroskopis roda yang berputar. Namun model yang dibuat oleh Andy Ruina dari Universitas Cornell di Ithaca, New York, dan kawan-kawannya, menghapus efek giroskopis dengan cakram-cakram yang berputar pada arah berlawanan dengan roda. Selain itu, roda depannya dipasang pada sudut yang jauh lebih tajam daripada normal – perubahan yang diduga akan membuat sepedanya bergoyang.

Tapi mengherankan, ia tetap berdiri tegak ketika didorong seperti kita mendorong sepeda tadi. Kunci stabilitasnya tampaknya karena pusat gravitasi batang pegangannya lebih rendah daripada pusat gravitasi rangka dan di depan sumbu kendali. Jadi, ketika pegangan mulai jatuh, ia jatuh lebih cepat daripada rangka. Hal ini memuntirnya ke roda depan, mengendalikannya dari jatuh.

Sumber:

New Scientist, 23 April 2011, hal. 18

Referensi jurnal:

“A Bicycle Can Be Self-Stable Without Gyroscopic or Caster Effects.” J. D. G. Kooijman, J. P. Meijaard, Jim M. Papadopoulos, Andy Ruina, and A. L. Schwab. Science, April 15, 2011, Vol. 332, No. 6027, Pg. 339-342. DOI: 10.1126/science.1201959

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.