Diposting Minggu, 1 Mei 2011 jam 6:01 pm oleh Evy Siscawati

Putri Ajaib membuat Anak Jujur

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 1 Mei 2011 -


Agama dapat menjadikan orang takut berbuat curang karena Tuhan melihat. Sekarang terbukti kalau anak dapat menghindari berbuat curang, bukan jika Tuhan mengawasi, tetapi karena Putri Alice mengawasi. Putri Alice hanyalah tokoh karangan para ilmuan. Putri Alice digambarkan sebagai putri yang tak terlihat namun ada dan mengawasi.

39 anak dari Belfast, Inggris, ikut serta dalam sebuah permainan melempar target yang dirancang oleh Jared Piazza dari Universitas Kent di Canterbury, Inggris bersama rekan-rekannya. Namun aturan permainannya begitu keras sehingga keberhasilan hanya dapat diperoleh lewat kecurangan.

Sementara direkam secara rahasia, tiap anak bermain dalam tiga kondisi yang mungkin: ada orang dewasa, tidak ada siapapun kecuali ‘Putri Alice’ dan tidak ada siapapun termasuk Putri Alice.

Sebelumnya, mereka semua ditanya apakah mereka percaya kalau Putri Alice benar-benar ada. Dari 11 anak yang percaya sang putri ada, hanya satu yang curang saat sang ‘Putri’ mengawasi. Lima dari tujuh anak yang tidak percaya berbuat curang.

“Ini adalah contoh menarik efek audiens dan pengendali reputasi diri,” kata Chris Frith dari Universitas College London, yang tidak ikut serta dalam studi ini.

Sumber berita:

New Scientist, 23 April 2011, hal. 18

Referensi jurnal:

Piazza, J., Bering, J. M., & Ingram, G. P. D. (2011). “Princess Alice is watching you”: Children’s belief in an invisible person inhibits cheating. _Journal of Experimental Child Psychology_, doi:10.1016/j.jecp.2011.02.003.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.