Diposting Sabtu, 30 April 2011 jam 2:58 pm oleh Evy Siscawati

Ular Laut sepertinya Monoandri

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 30 April 2011 -


 

Dalam dunia reptil, reptil betina kawin dengan banyak jantan untuk menghasilkan satu keturunan. Namun ketika Vimoksalehi Lukoschek dari Universitas James Cook di Townsville, Queensland, Australia, memutuskan memeriksa fakta ini pada ular elapid, famili yang mencakup kobra dan ular laut, ia menemukan hal baru.

Lukoschek memeriksa 12 ular laut betina yang hamil, dari enam spesies, yang terbunuh akibat jala nelayan. Ia mengambil sampel DNA dari betina maupun janinnya yang gagal lahir, dan menggunakan 10 potongan genom yang sangat berbeda untuk mengetahui seberapa banyak jantan yang menyumbang untuk tiap anak. Herannya, tiap keturunan hanya memiliki satu ayah.

“Perbedaan dengan kelompok lain yang kami pelajari sangat besar,” kata Richard King dari Universitas Illinois Utara di DeKalb. Pro dan kontra dari perkawinan tunggal dan jamak masih belum sepenuhnya dipahami, kata beliau.

Ukuran sampelnya kecil, kata Tobias Uller dari Universitas Oxford memperingatkan. “Tiga dari enam spesies diwakili hanya dengan satu individu,” lanjutnya.

Lukoschek mengatakan ia tidak punya penjelasan mengapa betina sangat selektif.

Sumber :

New Scientist, 23 April 2011, hal. 18

Referensi jurnal:

Vimoksalehi Lukoschek and John C. Avise. Genetic Monandry in 6 Viviparous Species of True Sea Snakes. Journal of Heredity, (2011) 102 (3): 347-351. DOI: 10.1093/jhered/esr017

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.