Diposting Kamis, 28 April 2011 jam 7:48 pm oleh Evy Siscawati

Bahasa Alay: Bahasa Baru?

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 28 April 2011 -


 

Bahasa alay bukan semata tata bahasa yang buruk atau setumpuk kesalahan, menurut Dr. Pamela Takayoshi, asisten profesor bahasa Inggris Kent State University. “Bahasa alay adalah bentuk bahasa terpisah dari bahasa formal dan memiliki perangkat tampilan dan standar bahasa yang umum.”

Takayoshi, asisten profesor bahasa Inggris Kent State, Dr. Christina Haas dan empat mahasiswa sarjana Kent State memeriksa bahasa alay. Menggunakan percakapan alay yang dibuat oleh para mahasiswa di kampus, kelompok ini menganalisa dan mengidentifikasi tampilan nonstandar bahasa alay, atau tempat dimana penulis menggunakan bahasa yang berbeda dari bahasa Inggris Standar Tulisan. Mereka menemukan kalau apa yang terlihat sebagai tampilan nonstandar bahasa tulis sebenarnya merupakan tampilan standar bagi bahasa alay itu sendiri. Bahasa alay merupakan bahasa yang informal, eksplisit, menyenangkan, disingkat dan disenikan, dan bertujuan menekankan makna ketimbang bentuk dan hubungan sosial ketimbang isi.

“Ketika kami melihat jenis teknologi yang digunakan para remaja sekarang,” kata Haas, “kami melihat banyak teknologi ini – SMS, blog dan Facebook – adalah teknologi tulis. Bahkan ponsel sekarang digunakan untuk menulis.”

Saat ini, tim Kent State memperluas analisa bahasa alay mereka ke situs populer Facebook.com untuk menentukan apakah bahasa situs ini sama atau berbeda dari standar alay.

Sumber berita:

Kent State University.

Catatan :

Dalam artikel ini, bahasa IM (Instant Messaging) kami terjemahkan sebagai bahasa alay.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.