Diposting Sabtu, 23 April 2011 jam 3:28 pm oleh Evy Siscawati

Otak Tengah

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 23 April 2011 - Otak tengah atau mesencephalon (dari bahasa Yunani mesos –tengah, dan enkephalos – otak) adalah bagian sistem syaraf pusat yang berasosiasi dengan penglihatan, pendengaran, pengendalian gerakan, tidur/bangun, kesadaran dan pengaturan suhu.


 

Secara anatomis, ia mencakup tektum (atau corpora quadrigemina), termentum, mesocoeli ventrikuler (atau iter), dan pedunkel serebral, dan beberapa nuklei dan fasciculi. Secara kaudal, mesencephalon bergabung dengan pons (metencephalon) dan secara rostral bergabung dengan diencephalon (talamus, hipotalamus, dsb). Otak tengah berada dibawah korteks serebral, dan diatas otak bawah yang terletak di dekat pusat otak.

Perkembangan

Selama fase perkembangan janin, otak tengah muncul dari vesikel kedua tabung syaraf atau vesikel mesencephalon. Berbeda dengan dua vesikel lainnya, prosencephalon dan rhombencephalon, mesencephalon tetap tak terbagi selama perkembangan syaraf selanjutnya. Ia tidak membelah menjadi daerah-daerah otak lainnya, sementara prosencephalon, misalnya, membelah menjadi telencephalon dan diencephalon.

Sepanjang perkembangan janin, sel-sel di dalam otak tengah terus memperbanyak diri dan menekan Akuaduk Sylvius (akuaduk serebral) yang sedang terbentuk. Penghambatan parsial atau total akuaduk serebral selama perkembangan dapat membawa pada hidrosepalus kongenital.

Peran fungsional

Mesencephalon dipandang sebagai bagian batang otak. Substantia nigranya sangat berasosiasi dengan jalur sistem motorik ganglia basal. Mesencephalon manusia berasal usul archipallian, yang berarti arsitektur umumnya juga dimiliki vertebrata paling purba. Dopamin yang diproduksi dalam substantia nigra berperan dalam motivasi dan kebiasaan spesies dari manusia hingga hewan paling dasar seperti serangga.

Corpora quadrigemina

Corpora quadrigemina (badan kuadruplet) adalah empat cuping optik padat di sisi dorsal akuaduk serebral, dimana pasangan superior posterior yang disebut colliculi superior dan pasangan inferior posterior yang disebut colliculi inferior. Keempat cuping optik padat ini membantu memilah beberapa serabut syaraf optik. Walau begitu, sebagian serabut juga menunjukkan penyusunan ipsilateral (yaitu mereka sejajar di sisi yang sama tanpa memilah). Colliculus superior terlibat dalam gerakan mata saccadis; sementara yang inferior adalah titik sinapsis untuk informasi suara. Syaraf troklear datang dari permukaan posterior otak tengah, dibawah colliculus inferior.

Pedunkel serebral

Pedunkel serebral adalah struktur berpasangan,hadir di sisi ventral akuaduk serebral, dan membawa tegmentum pada sisi dorsal dan cresta atau pes pada sisi ventral, serta keduanya mengakomodasi serabut saluran kortikospinal, dari kapsul internal (yaitu saluran naik + turun = saluran longitudinal.) Bagian tengah pedunkel serebral membawa substantia nigra (materi gelap) yang merupakan sejenis nukleus basal. Ia merupakan satu-satunya bagian otak yang membawa pigmen melanin.

Diantara pedunkel terdapat fosa interpeduncular, yang merupakan sistern berisi cairan serebrospinal. Syaraf okulomotor keluar dari antara pedunkel, dan syaraf troklear tampak menyelimuti bagian luar pedunkel. Okulomotor bertanggung jawab untuk konstriksi pupil (parasimpatetik) dan gerakan mata.

Tampilan anatomis penampang lintang menembus otak tengah

Otak tengah biasanya terbagi pada level coliculi superior dan inferior.

Salah satu mnemonik untuk mengingat struktur otak tengah melibatkan visualiasi penampang lintang mesencephalik sebagai wajah beruang terbalik. Kedua nuklei merah adalah mata beruang dan pedunkel serebelar adalah telinga.

Aktivasi Otak Tengah

Otak tengah telah aktif semenjak lahir. Jika tidak, kita tidak akan dapat memiliki fungsi utama otak tengah seperti melihat, mendengar, mengendalikan gerakan, tidur, bangun dan terjaga serta pengaturan suhu tubuh. Fungsinya juga tidak dapat ditingkatkan kecuali dengan mengorbankan fungsi otak lainnya karena fungsi otak telah mencapai 100% potensi semenjak usia sekitar 5 tahun.

Sumber

Wikipedia. Midbrain

Referensi lanjut

  1. Breedlove., Watson., Rosenzweig. Biological Psychology, 6th Edition, 2010.
  2. Lennert, T., Martinez-Trujillo, J. “Strength of Response Suppression to Distracter Stimuli Determines Attentional-Filtering Performance in Primate Prefrontal Neurons” Neuron, 14 April 2011, 70(1): 141-152
  3. Martin. Neuroanatomy Text and Atlas, 2nd Edition, 1996.
  4. Mosby. Mosby’s Medical, Nursing and Allied Health Dictionary, 4th Edition, 1994, Mosby-Year Book
  5. National Institute of Neurologival Disorders and Stroke. Hydrocephalus Fact Sheet.
  6. http://www.morris.umn.edu/~ratliffj/images/brain_slides/slide_5.htm
Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Fans Facebook

Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.