Diposting Sabtu, 23 April 2011 jam 3:08 pm oleh Evy Siscawati

Minoxidil

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 23 April 2011 - Minoxidil pertama kali digunakan khusus sebagai obat oral dengan nama dagang Loniten untuk merawat tekanan darah tinggi. Walau begitu, ditemukan adanya efek samping menarik: Minoxidil dapat menyebabkan pertumbuhan atau penggelapan rambut tubuh yang halus, atau dalam beberapa kasus, kerontokan rambut yang signifikan, dan lebih langka lagi, bila dikonsumsi oral secara berlebihan menyebabkan pseudoakromegali. Ketika perawatan dihentikan, rambut kembali normal dalam 30 hingga 60 hari. Sejak itu diketahuilah kalau Minoxidil merupakan obat anti kerontokan rambut.


 

Upjohn Corporation memproduksi larutan topikal yang mengandung 2% minoxidil untuk digunakan merawat kebotakan dan kerontokan rambut dengan nama dagang Rogaine di AS dan Kanada, dan Regaine di Eropa dan Asia Pasifik. Perawatan biasanya mencakup larutan konsentrasi 5% yang dirancang untuk pria dan larutan konsentrasi 2% yang dirancang untuk wanita. Paten minoxidil kadaluarsa pada 11 Februari 1996.

Minoxidil merupakan vasodilator. Ia bekerja dengan melebarkan pembuluh darah dan membuka saluran potasium, memungkinkan lebih banyak oksigen, darah dan nutrisi ke akar rambut. Hal ini dapat pula menyebabkan akar rambut dalam fase telogen untuk rontok, biasanya ia segera digantikan oleh rambut baru yang lebih tebal (dalam fase anagen baru).

Larutan minoxidil dijual dalam berbagai nama dagang. Banyak yang berharga mahal dibandingkan merek generik yang lebih murah, padahal tidak berbeda dalam konsentrasi ataupun bahan aktifnya.

Nama IUPAC dari minoxidil adalah 6-piperidin-1-ylpyrimidine-2,4-diamine 3-oxide, sementara rumus kimianya adalah C9H15N5O

sumber

Wikipedia. Minoxidil.

Referensi

  1. Medicine Net. Minoxidil Oral.
  2. Nguyen, K.; Marks Jr, J. “Pseudoacromegaly induced by the long-term use of minoxidil”. Journal of the American Academy of Dermatology 2003, 48 (6): 962–965
  3. Washburn Law. “Grant v. Pharmacia & Upjohn Co.”
Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Fans Facebook

Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.