Diposting Sabtu, 9 April 2011 jam 6:42 pm oleh Evy Siscawati

Evolusi Mikroba dan Naurosains : Refleksi Netralitas Sains

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 9 April 2011 -


 

Sebagai contoh antibiotik. Sejak penemuannya berdekade lalu, obat ajaib ini telah digunakan jauh lebih luas dari semata merawat pasien yang sakit. Wisatawan membawanya kemana-mana untuk mencegah diare perjalanan. Kita memberikannya pada hewan ternak, membatu agar harga daging tetap murah.

Mikroba yang berhasil selamat dari tekanan seleksi  antibiotik sekarang menunjukkan pola resistensi baru yang mengganggu – dan kadang kekebalan mutlak pada pilihan terakhir obat-obatan. Bakteri berbagi gen dengan bebas, memperluas ancaman global. Sementara itu, perusahaan farmasi tidak memiliki obat untuk melawan jenis kuman yang baru hasil evolusi ini. Akibatnya rumah sakit semakin meningkatkan kontrol infeksinya. Apakah kita sekarang telah memasuki dunia pasca antibiotik?

Beberapa tim peneliti menyarankan usaha global mengurangi pengembangan resistensi lebih jauh: berhenti memberikan antibiotik pada babi, ayam dan hewan ternak lainnya. Tindakan ini sudah dilakukan Denmark dengan berhasil secara efisien memelihara hewan ternak mereka tanpa harus menyakiti peternak, lewat praktek-praktek peternakan yang lebih baik.

Penyebaran bakteri anti terhadap antibiotik di dunia

Contoh lain adalah pindai otak yang telah mengubah pemahaman kita tentang proses berpikir. Dapatkah mereka dijadikan pertimbangan dalam pengadilan, dengan memeriksa kondisi mental yang dituduhkan? Pada gilirannya, pengaruh terbesar neurosains adalah menemukan akar penyebab dari segala tindakan melawan hukum. Namun pilihan bagaimana menggunakan sains, pada akhirnya, dibuat oleh masyarakat.

Referensi

DiChristina, M. 2011. Reflections from Science. Scientific American, April 2011, p. 6.

Gazzaniga, M.S. 2011. Neuroscience in the Courtroom. Scientific American. April 2011, p. 54

McKenna, M. 2011. The Enemy Within. Scientific American, April 2011, p. 46

Scientific American’s Board of Editors. 2011. Our Big Pig Problem. Scientific American, April 2011, p. 12

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.