Diposting Senin, 4 April 2011 jam 7:20 pm oleh Evy Siscawati

Tas Plastik untuk Daur Ulang Kehidupan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 4 April 2011 -


 

Dia dibuat di China, dikapalkan ribuan mil ke seberang lautan, dibuat dari plastik dan perlu waktu bertahun-tahun untuk meluruh. Ia juga diharapkan menjadi pelarian kita dari sampah: tas belanja yang dapat dipakai lagi.

Ternyata, studi dinas lingkungan AS menemukan kalau kantong plastik atau HDPE (High density Polythene) yang kita peroleh dari belanja, yang hanya sekali pakai itu, hampir 200 kali lebih ramah lingkungan daripada tas belanja yang dikampanyekan ahli lingkungan, dan memiliki kurang dari sepertiga emisi CO2 daripada kantong kertas.

Di AS, supermarket kadang memberi potongan pada pelanggan jika mereka membawa sendiri kantong mereka dari rumah. Trend ini membuat penggunaan kantong plastik biasa menurun dan tas belanja plastik anyaman murah meriah meningkat. Tapi parahnya, hanya 10% pelanggan yang secara teratur membawa tas belanja anyaman pastiknya saat belanja kembali dan 60% bahkan mengaku tidak pernah sekalipun dua kali membawa tas belanja anyaman plastik yang sama saat belanja. Begitu pulang, tas itu diperlakukan sama dengan kantong plastik biasa. Dan karena tas tersebut 200 kali lebih boros CO2 (karena proses produksi yang lebih lama dan proses peluruhan yang juga lebih lama di tempat sampah) maka tujuan awalnya untuk menurunkan pemanasan global justru berbalik menjadi ikut menambah parahnya pemanasan global.

Ironis yah?

Referensi

Associated Press. 1 February 2011. Some Grocers Abandon Rebates for Reusable Bags.

Cracked. http://www.cracked.com/article_19123_6-socially-conscious-actions-that-only-look-like-they-help_p2.html#ixzz1IBIWwqQJ

Gamerman, E. An Inconvenient Bag.

Hickman, M. 20 February 2011. Plastic Fantastic! Carrier Bags ‘Not Eco-Villains After All’

Ram, R.S. 4 February 2010. Reusable Bags are an Environmental Solution – Not a Problem. The Guardian

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.