Diposting Senin, 4 April 2011 jam 2:10 pm oleh Dianna Firefly

Listrik dari Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) – Hasil Karya Mahasiswa Untan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 4 April 2011 -


Dalam presentasi yang disampaikan oleh tujuh orang nara sumber, yaitu seorang dosen pembimbing jurusan Teknik Elektro, Ferry Hadary dan enam orang mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Lingkungan dijelaskan penemuan mereka tentang listrik dari kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis). Penjelasan mencakup alat, bahan, cara kerja dan tahap penelitiannya. Untuk memulai pengaliran listrik langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengekstrak bunga kembang sepatu yang mengandung antosianin yang dapat menyerap dan meneruskan spectrum cahaya tampak. Zat warna itu berfungsi sebagai photosensititizer, yang dikenal sebagai teknnologi sistem sel surya pewarna tersensitisasi atau SSPT dan terdiri dari transparent conduction oxide (TCO) yang dapat berfungsi sebagai elektroda. Kemudian TCO dijepitkan ke semi konduktor Titanium dioxide (TO) atau kutub negatif yang sebelumnya telah direndam dalam larutan zat warna, hasil ekstrak tanaman, larutan elektrolit, serta satu tambahan lapisan karbon yang berfungsi sebagai elektroda karbon atau kutub positif. Perangkaian SSPT ini dikenal dengan metode Sandwich. Adapun prinsip kerjanya ialah foton yang berasal dari cahaya matahari akan diserap oleh zat warna dan akan menghasilkan electron. Electron ini akan dipindahkan dengan cepat ke semi konduktor yang kemudian akan dialirkan ke elektroda, kemudian electron akan berpindah melalui perantara larutan elektrolit (berlaku proses redoks) dan kembali lagi ke zat warna. Melalui serangkaian proses ini maka dihasilkan listrik. Setelah material-material tersebut diatas tersusun dengan baik, selanjutnya dilakukan pengukuran di bawah sinar matahari secara langsung (outdoor) dengan menggunakan multimeter digital yang difungsikan sebagai voltmeter.

Selain presentasi dan demo tentang listrik dari kembang sepatu, kegiatan yang tidak kalah menarik ialah seminar, animasi dan video tentang robot, presentasi tentang IT untuk keamanan rumah pintar, perkantoran, dan tes IQ, demo robot penghindar halangan (obstacle avoidance) serta robot penjejak lintasan (line tracking).

Dianna Firefly
I don't wanna explain who I am. Just a woman who has big dreams. I don't get to choose how i'm going to die, or When. But i can to decide how i'm going to live now. That's why i am Luminous ! Dianna Firefly
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.