Diposting Kamis, 31 Maret 2011 jam 7:18 pm oleh Evy Siscawati

Mitos Teori Kebingungan Otot

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 31 Maret 2011 - Pernah dengar P90X? Mungkin di Indonesia belum ada. Tapi menarik juga untuk diantisipasi sebelum menjalar ke negara kita. P90X adalah program latihan 90 hari untuk “membingungkan otot” dan menghentikan mereka bertingkah sehingga katanya anda akan menjadi fitness hingga ke puncak.


 

Teori kebingungan otot bisa benar hanya jika kamu bertanya pada Terminator tentang apa judul buku yang sekarang sedang dibaca oleh Arnold Schwartzenegger. Dia kan otot. Bingung kan?

Serius deh. Berdasarkan klaim P90X, dengan membingungkan otot kita, otot bukan hanya akan tumbuh dan semakin kuat, namun mendorong tubuh anda menggunakannya secara lebih efektif. Jadi katanya, seiring bertumbuhnya otot anda, ia juga akan semakin baik dari sudut pandang biomekanik. Artinya, bukan hanya meningkatkan penampilan, tapi juga membuat kita lebih baik dalam bekerja.

Tidak percaya? Tanya saja pakar P90X, jangan tanya ilmuan yang lebih tahu. Mereka akan menyarankan membeli setumpuk peralatan karena untuk membingungkan otot, kamu harus berganti-ganti latihan setiap hari dan memakan makanan khusus.

Metode P90X itu susah. Pertama kamu perlu waktu menyetel alat, berpakaian, berlatih 60 hingga 90 menit, lalu berbenah, kecapekan dan males mengerjakan yang lain, setiap hari. Bukan hanya masalah latihan, tapi juga mengenai biaya diet. Mereka menyediakan diet yang biayanya kalau dihitung seminggu, senilai Rp4 juta.

Wah. Mewah dan keras. Pasti benar!

Tidak sama sekali. Kalau kamu ingin menjadi kuat, kamu bukannya membuat bingung otot kamu. Kamu harus membuat ototmu belajar. Otot itu bisa kuat bila mendapat latihan yang sama berulang-ulang. Rumus menjadi kuat sebenarnya sederhana.

Ini bukan latihan otot

  1. Lakukan latihan khusus, tergantung pada bagian otot mana yang ingin diperkuat seperti menekan meja, squat atau deadlift
  2. Melaksanakannya sesering mungkin, 3 hingga 6 kali seminggu
  3. Jaga frekuensi satu sesi tetap sama, paling minim 75% dosis per frekuensi. Jadi kalau satu dosis berisi 10 kali pengulangan, dalam dosis selanjutnya tidak boleh kurang dari 7.5 kali pengulangan.
  4. Tapi tetap bugar, artinya jangan sampe kecapean. Lamanya per sesi tergantung tiap individu.

Intinya seperti kata iklan: Latihan teratur dan jaga badan tetap bugar. Biarpun latihannya ringan tapi berulang-ulang. Jelas ini bukan untuk membingungkan otot. Kalau mau membingungkan otot, langgar saja semua perintah di atas, dan itulah yang dilakukan P90X.

Referensi

Steve Edwards. 2011. Muscle Confusion

Caleb Lee. 2010. is Muscle Confusion 101: Why Muscle Confusion (and P90X) is Bullsh*t!

Cracked. 2011. 6 Fitness Tips Everyone’s Heard (That Don’t Work at All)

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Fans Facebook

Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.