Diposting Selasa, 22 Maret 2011 jam 7:36 pm oleh Evy Siscawati

Manusia Purba sebagai Pemburu dan Pemungut.

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 22 Maret 2011 -


 

Bukan hanya karnivora yang berburu. Simpanse juga melakukannya. Di hutan Tai di Afrika Barat, simpanse jantan berburu tiap dua hingga tiga hari saat musim kemarau. Mereka biasanya memburu monyet colobus, namun juga memburu hewan kecil lainnya. Mereka tidak pernah memungut bangkai. Sebagian peneliti mengatakan bahwa perburuan yang dilakukan simpanse bersifat kooperatif; individu jantan melakukan berbagai pekerjaan berbeda seperti pengejar, penghalang atau penyergap. Rata-rata, simpanse berhasil menangkap separuh hewan buruannya. Simpanse jantan biasanya berbagi daging buruan dengan kerabat dan sekutunya, dan dengan betina juga di estrus. Baboon juga kadang menangkap dan memakan hewan seperti gazelle muda saat musim kemarau.

Kapan leluhur kita mulai menjadi pemakan daging, lebih dari sekedar serangga dan ulat? Mungkin Australopitecus berpindah menu ke daging saat musim kemarau, ketika makanan menjadi langka. Tanda potongan di tulang hewan menjadi bukti tertua keberadaan tindakan leluhur kita sebagai pemungut, berusia sekitar 2,5 juta tahun lalu. Banyak dari tulang belulang ini memiliki tanda gigi karnivora yang dibuat sebelum pemotongan; manusia purba memakan sisanya. Para peneliti berpendapat kalau leluhur kita memecah tulang belulang tersebut untuk mengambil sumsumnya, sumber kalori yang besar. Tidak ada bukti mendukung maupun menyanggah kalau leluhur kita berbagi makanan seperti yang dilakukan simpanse.

Homo erectus mungkin adalah pemburu sejati pertama. Senjata berburu tertua yang nyata adalah tombak kayu yang diperkeras oleh pembakaran dari Jerman, berusia 400 ribu tahun lalu. Tombak ini ditemukan dengan alat batu dan sisa-sisa penjagalan dari sekitar selusin kuda.

Ilustrasi sepasang keluarga Homo sapiens neanderthal

Para pemburu dan pemungut modern bertopang pada makanan yang dicari; mereka bukan petani bukan pula peternak. Wanita mengumpulkan tanaman, menangkap hewan kecil , menyiapkan makanan dan merawat anak. Para pria berburu hewan besar. Makanan dibagikan, biasanya kepada keluarga atau sekutu. Hingga sekitar 10 ribu tahun lalu, ketika pertanian mulai dikembangkan, semua manusia purba hidup dengan cara seperti ini.

Sumber

Donald C Johanson. 2007. Becoming Human.

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.