Diposting Selasa, 22 Maret 2011 jam 7:55 pm oleh Evy Siscawati

Laser Mini dapat membantu Peluncuran Zaman Baru Internet

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 22 Maret 2011 -


 

Dioda laser miniatur Professor Dennis Deppe memancarkan cahaya yang lebih tajam daripada yang ada sebelumnya. Cahaya yang dipancarkan pada panjang gelombang tunggal ideal untuk digunakan dalam disc player, laser pointer dan mouse optik untuk komputer, selain transmisi data kecepatan tinggi.

Sampai saat ini, tantangan terbesarnya adalah laju kegagalan perangkat sekecil ini. Mereka tidak dapat bekerja baik saat mendapatkan beban kerja yang besar; stress membuatnya rusak.

Ukuran yang lebih kecil dan eliminasi bahan non semikonduktor bermakna perangkat baru dapat secara potensial digunakan dalam transmisi data berat, yang kritis dalam pengembangan generasi baru Internet. Dengan menggunakan dioda laser sebagai kabel di masa depan, jumlah data masif dapat digerakkan dalam jarak jauh hampir seketika. Dengan menggunakan laser-laser kecil dalam jam optik, ketelitian GPS dan komunikasi data nirkabel kecepatan tinggi juga akan meningkat.

“Dioda laser yang baru menjadi keberangkatan tajam dari perangkat komersial masa lalu dalam bagaimana mereka dibuat,” kata Deppe dari labnya di dalam Kampus Optik dan Fotonik. “Perangkat baru ini menunjukkan hampir tidak ada perubahan operasi dalam kondisi stress yang menyebabkan perangkat komersial dapat segera gagal.”

“Pada kecepatan dimana industri ini bekerja, saya tidak terkejut bila dalam empat atau lima tahun, saat anda pergi ke Best Buy untuk membeli kabel untuk semua alat elektronik anda, anda akan memilih kabel yang memiliki dioda laser di dalamnya,” tambah beliau.

Deppe dan Sabine Freisem, ilmuan peneliti senior yang bekerjasama dengan Deppe untuk delapan tahun terakhir menyajikan penemuannya bulan Januari di konferensi Fotonik Barat SPIE (sebelumnya adalah Masyarakat Teknik Optika) di San Francisco.

Deppe telah menghabiskan 21 tahun meneliti laser semikonduktor, dan ia mempertimbangkan keahlian internasional dalam bidang ini. sdPhotonics bekerja pada komersialisasi banyak ciptaannya dan telah memiliki beberapa kontrak.

“Ini jelas sebuah kemajuan,” kata Freisem. “Implikasi untuk masa depannya besar.”

Namun masih ada satu tantangan yang sedang coba diselesaikan tim ini. Tegangan yang diperlukan untuk membuat dioda laser bekerja efisien harus dioptimalkan.

Deppe mengatakan ketika masalah ini terpecahkan, penggunaan dioda laser akan berlipat ganda. Mereka dapat digunakan sebagai laser di ruang kosong untuk membuang rambut yang tidak diinginkan.

“Kita biasanya tidak sadar berapa seringnya kita menggunakan teknologi ini dalam hidup kita sehari-hari,” kata Deppe. “Sebagian dari kita tidak memikirkannya. Dengan perkembangan lebih lanjut, ia akan menjadi lebih umum lagi.”

Sumber berita:

University of Central Florida.

 

 

 

 

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.