Diposting Minggu, 20 Maret 2011 jam 5:33 pm oleh Evy Siscawati

Zeolit

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 20 Maret 2011 - Kemaren ke rumah keluarga. Kita pada ngeliat tambang zeolit, pabrik zeolit dan rumah yang dibuat dari zeolit. Ya katanya sih zeolit. Evy gak tahu apa emang benar zeolit atau batu jenis lain. Evy bukan pakar mineralogi sih. Jadi karena baru tahu tentang zeolit, lebih baik dipelajari dulu apa zeolit itu.


Zeolit adalah mineral aluminosilikat mikropori umumnya digunakan sebagai penyerap komersil. Istilah zeolit awalnya diberikan tahun 1754 oleh mineralog Swedia, Axel Fredrik Cronstedt, yang mengamati kalau saat bahan stilbite dipanaskan, ia menghasilkan sejumlah besar uap dari air yang telah diserap oleh bahan tersebut. Berdasarkan hal ini, ia menyebut bahan tersebut zeolit, dari bahasa yunani zeo yang berarti mendidih dan lithos yang berarti batu.

Per bulan November 2010, sudah ada 194 kerangka zeolit telah ditemukan, dan sekitar 40 kerangka zeolit diantara ditemukan secara alamiah.

Zeolit digunakan didunia industri sebagai pemurni air, katalis dan reprosesing nuklir. Pemanfaatan utamanya sebagai produksi deterjen laundry. Mereka juga digunakan dalam kedokteran dan pertanian.

Sifat

Zeolit memiliki struktur berpori yang dapat mengakomodasi sejumlah besar kation, Na+, K+, Ca2+, Mg2+ dan lainnya. Ion-ion positif ini renggang dan dapat dengan mudah digantikan dalam larutan kontak. Beberapa mineral umum zeolit adalah analcime, chabazite, clinoptilolite, heulandite, natrolite, phillipsite, dan stilbite. Contoh rumus kimia mineral zeolit adalah: Na2Al2Si3O10•2H2O, rumus untuk natrolite.

Zeolit alami terbentuk saat batuan vulkanis dan lapisan abu bereaksi dengan air bawah tanah yang mengandung alkalin. Zeolit juga mengkristal dalam lingkungan pasca mengendap dalam periode lama dari ribuan hingga jutaan tahun di cekungan laut dangkal. Zeolit yang ditemukan di alam jarang sekali yang murni dan sudah tercemar berbagai jenis mineral, logam, quartz dan zeolit jenis lain. Atas alasan ini, zeolit yang diperoleh secara alami dikeluarkan dari banyak aplikasi komersial dimana keseragaman dan kemurnian diperlukan.

Saat ini, produksi tahunan zeolit alami dunia sekitar 4 juta ton. 2.6 juta ton diantaranya dipasarkan ke China untuk digunakan dalam industri beton. Eropa Timur, Eropa Barat, Australia dan Asia adalah pemimpin utama dalam memasok kebutuhan zeolit alami dunia. Hanya 57,400 metrik ton zeolit (hanya 1% dari produksi dunia) saja yang mampu dihasilkan Amerika Utara; dan hanya baru-baru ini saja Amerika Utara menyadari potensi pasar dari zeolit.

Manfaat

Zeolit sintetis digunakan sebagai katalis industri petrokimia, sebagai contoh dalam pemecahan katalitis cairan dan pemecahan air. Zeolit memecah molekul dalam ukuran-ukuran kecil, yang menyebabkan perubahan struktur dan reaktivitasnya. Bentuk hidrogen dari zeolit (yang disediakan oleh pertukaran ion) adalah asam padat kuat dan dapat menjadi wadah reaksi terkatalis asam, seperti isomerisasi, alkilasi dan pemecahan. Modalitas aktivasi spesifik sebagian besar katalis zeolit yang digunakan dalam penerapan petrokimia melibatkan reaksi situs asam Lewis Kuantum-kimia.

Struktur molekuler mikropori zeolit jenis ZSM-5

Zeolit dapat pula digunakan sebagai kolektor panas matahari dan untuk lemari es adsorpsi. Dalam penerapan ini, adsorpsi panasnya yang tinggi dan kemampuan untuk menghidrasi dan mengdehidrasi sambil mempertahankan stabilitas struktur dieksploitasi. Sifat higroskopis dikopel dengan reaksi eksotermis (penghasil panas) inheren saat bertransisi dari bentuk dehidrasi menjadi hidrasi membuat zeolit alami berguna dalam mengambil panas buangan dan energi panas matahari.

Thomsonit adalah mineral zeolit yang digunakan untuk perhiasan. Nodul thomsonit memiliki cincin-cincin konsentrik dengan kombinasi warna hitam, putih, jingga, pink, merah dan banyak arsiran hijau. Beberapa nodul memiliki cemaran tembaga dan yang paling langka adalah thomsonit yang memiliki “mata” tembaga. Saat dipoles lapidari, thomsonit kadang menunjukkan chatoyansi.

Zeolit dapat digunakan sebagai pengayak molekul dalam pemompaan vakum gaya cryosorpsi.

Baik zeolit sintetik maupun alami telah digunakan pada nutrisi hewan terutama untuk meningkatkan kinerja dan berdasarkan pada sifat fisikokimia dasarnya, mereka juga diuji dan ditemukan berguna dalam mencegah keracunan amonia dan logam berat serta asupan unsur radioaktif dan peluruhan kerangka metabolik.

Zeolit adalah filter amonia yang efektif, namun harus digunakan dengan hati-hati, khususnya dengan karang koral tropis yang sensitif pada kimia dan suhu air.

Sumber : Wikipedia

Referensi lanjut

1.      Dietrich, R.V. 2006. Thomsonite.

2.      Heterogeneous asymmetric epoxidation of cis-ethyl cinnamte over Jacobsen’s catalyst immobilized in inorganic porous materials. Thesis

3.      International Zeolite Association, Database of Zeolite Structures

4.      Papaioannoua, D., Katsoulosa, P.D., Panousis, N. 2005. The role of natural and synthetic zeolites as feed additives on the prevention and/or the treatment of certain farm animal diseases: A review. Microporous and Mesoporous Materials, Volume 84, Issues 1–3, 15 September 2005, Pages 161–170. D. Papaioannoua, P.D. Katsoulosa, N. Panousis. doi:10.1016/j.micromeso.2005.05.030

5.      U.S. Geological Survey, 2004

6.      Webmineral Zeolites, Dana Classification

7.      W. R. Grace & Co. Enriching Lives, Everywhere.™ – Zeolite Structure. Grace.com.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Fans Facebook

Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.