Diposting Kamis, 17 Maret 2011 jam 1:35 pm oleh Evy Siscawati

Penemuan Bahan Feroelektrik dapat meningkatkan kemampuan Chip Memori

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 17 Maret 2011 -


Pada memori feroelektrik, arah polarisasi listrik molekul bertindak sebagai sebuah bit 0 atau 1. Medan listrik digunakan untuk membalik polarisasi ini, yang merupakan cara bagaimana data disimpan.

Dengan rekan-rekannya dari Universitas Michigan dan dari Universitas Cornell, Universitas Penn State dan Universitas Wisconsin, Madison, Xiaoqing Pan, profesor dari jurusan Ilmu dan Teknik Bahan UM telah merancang sistem bahan yang secara spontan membentuk spiral berukuran nano dari polarisasi listrik pada selang yang dapat dikendalikan, yang dapat memberikan lokasi pembenihan alamiah untuk pensaklaran polarisasi dan karenanya mengurangi daya yang diperlukan untuk membalik tiap bit.

“Untuk mengubah keadaan sebuah memori feroelektrik, anda harus memasok medan listrik yang cukup untuk menginduksi sebuah daerah kecil agar ia dapat mengganti polarisasi. Dengan bahan kami, proses nukleasi demikian tidak diperlukan,” kata Pan. “Lokasi nukleasi secara intrinsik sudah ada pada interface bahan.”

Agar hal ini terwujud, para insinyur melapisi sebuah bahan feroelektrik dengan isolator yang latis kristalnya cocok. Polarisasi menyebabkan medan listrik besar pada permukaan ferolistrik yang bertanggung jawab untuk pembentukan spontan lokasi pembenihan, yang disebut nanodomain vorteks.

Para peneliti juga memetakan polarisasi bahan dengan resolusi atomik, yang merupakan tantangan utama, karena skalanya yang kecil. Mereka menggunakan citra dari sebuah mikroskop elektron transmisi resolusi sub angstrom di Laboratorium Nasional Lawrence Barkeley. Mereka juga mengembangkan piranti lunak pemprosesan citra khusus untuk mencapainya.

“Tipe pemetaan ini tidak pernah dilakukan sebelumnya,” kata Pan. “Menggunakan teknik ini, kami menemukan nanodomain vorteks yang tidak biasa dimana polarisasi listrik secara bertahap berotasi mengelilingi vorteks.”

Penelitian ini didanai oleh Kementrian Energi, Yayasan Sains Nasional dan Kantor Penelitian Angkatan Bersenjata AS.

Sumber berita :

University of Michigan.

Referensi ilmiah:

Nelson, C.T., Winchester, B., Zhang, Y., Kim, S.J., Melville, A., Adamo, C., Folkman, C.M., Baek, S.H., Eom, C.B., Schlom, D.G., Chen, L.Q., Pan, X. Spontaneous Vortex Nanodomain Arrays at Ferroelectric Heterointerfaces. Nano Letters, 2011; 11 (2): 828 DOI: 10.1021/nl1041808

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.