Diposting Rabu, 16 Maret 2011 jam 11:50 am oleh Evy Siscawati

Hewan-hewan yang kini bercahaya

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 16 Maret 2011 -


Para ilmuan telah berhasil membuat ikan zebra yang bercahaya dan memberinya nama GloFish. Ikan zebra (Danio rerio) asli dari sungai-sungai di India dan Bangladesh. Panjangnya hanya 3 cm dan memiliki garis emas dan biru gelap. Sudah ada lebih dari 200 juta ekor dijual dalam 50 tahun terakhir dalam pasar ikan hias di Amerika Serikat. Walau banyak yang dijual, tidak pernah ditemukan adanya ikan zebra di alam liar di Amerika Serikat. Mereka ikan tropis dan tidak mampu bertahan hidup di alam liar Amerika Utara yang beriklim sedang. GloFish sendiri adalah ikan zebra hias berpendar yang hanya dijual di Amerika Serikat, kecuali di California. Di negara bagian ini, pemerintah setempat melarangnya.

GloFish

Bukan hanya ikan, monyet juga. Ilmuan telah pula berhasil membuat monyet yang memiliki rambut dan kuku yang bersinar, hasil pengirisan gen pendar dari ubur-ubur. Monyet inipun berumur sangat singkat. Para peneliti menduga penyebabnya adalah kelebihan protein pendar pada sang monyet.

Tujuannya mulia, untuk mempelajari penyakit-penyakit tertentu pada diri manusia. Manusia tidak bisa dijadikan objek percobaan. Jahat sekali membuat seseorang menderita sebuah penyakit yang tujuannya adalah mencari obat untuk menyembuhkan penyakit itu sendiri. Jadi, para ilmuan memakai monyet dan sebangsanya, seperti marmoset. Ahli biologi sekarang dapat membuat sekeluarga marmoset yang dapat menderita penyakit genetik seperti cystic fibrosis. Karena marmoset dan monyet adalah keluarga primata dan berarti dekat dengan manusia, ini sudah cukup.

Kelinci juga sudah dicoba untuk menjadi hewan bersinar, namanya Alba. Kelinci albino yang di pendarkan ini mati setelah berusia 2 tahun, tergolong muda karena normalnya kelinci mati pada usia hingga 12 tahun.

Masih ada lagi, ilmuan Byeong-Chun Lee dan kawan-kawan menciptakan Ruppy, anjing bersinar dari gen pendar anemon laut. Mereka melakukannya dengan menginfeksi sel-sel fibroblas anjing dengan sebuah virus yang memasukkan gen pendar kedalam inti sel. Mereka lalu mentransfer inti fibroblas ke sel telur anjing lainnya, dengan inti yang telah dibuang. Setelah beberapa jam membelah dalam piring petri, para peneliti mengimplan embrio tersebut ke dalam tubuh ibu angkat.

Masih dari Korea, para ilmuan dari Universitas Nasional Gyeongsang dengan dana dari pemerintah Korea melakukan eksperimen kucing bersinar. Yang belum tikus kan? Oh. Tikus juga sudah ada yang berpendar dan sebelum anda tanya, babi bersinar juga sudah dibuat para ilmuan Taiwan. Sekarang giliran spesies apa? Mungkin spesies alay. Mereka suka yang ngejreng-ngejreng gitu.

OMG. Spesies Alay terdeteksi di kaca toko.

Referensi

Wikipedia. GloFish,

GloFish.com. warna-warna GloFish.

Cracked.com the 5 Current Genetic Experiments Most Likely to Destroy Humanity

Wired.com Glowing Monkeys Make More Glowing Monkeys the Old Fashioned Way

Wired.com Alba, the glowing bunny.

New Scientist. Ruby Puppy

Korean scientists claim to have produced glowing cats

Jurnal Ilmiah

Sasaki et al. Generation of transgenic non-human primates with germline transmission. Nature, 2009; 459 (7246): 523 DOI: 10.1038/nature08090

Gerald Schatten, Shoukhrat Mitalipov. Developmental biology: Transgenic primate offspring. Nature, 2009; 459 (7246): 515 DOI: 10.1038/459515a

David Cyranoski. Marmoset model takes centre stage. Nature, 2009; 459 (7246): 492 DOI: 10.1038/459492a

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.