Diposting Selasa, 15 Maret 2011 jam 12:22 pm oleh Evy Siscawati

Semprotan Cita Rasa

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 15 Maret 2011 -


Tahun 1980an, kamu bisa melihat bagaimana masa depan dipenuhi cewek cowok berpakaian aneka warna tapi berselera makan buruk. Mereka hanya memakan pil. Atau bila kamu lebih suka fantasi, mungkin kamu bisa melihatnya pada permen aneka rasa dalam film Harry Potter.

Semprotan cita rasa atau Flavor Spray adalah ujud realistik dari itu semua. Pada dasarnya ia adalah semprotan tanpa kalori. Semprotan yang punya rasa daging, bir, teriyaki, wiski, jeruk purut, raspberry, keju, sayur, ayam, dsb. Ada 25 rasa Flavor Spray tersedia di pasaran.

Seperti penemuan ilmiah umumnya yang tujuannya kadang sama anehnya dengan temuannya, keunikan lain dari Flavor Spray adalah ia ditujukan untuk diet. Bagaimana hal ini bisa mungkin? Ia memanfaatkan psikologi manusia. Anda mungkin berpikir, wah pasti enak makan sayur tapi rasa daging, karena disemprot oleh Flavor Spray. Tapi kenyataannya, hal ini justru tidak enak. Saat kamu memakan sayur, otakmu memprediksi kalau rasanya pasti seperti sayur. Kamu sudah makan sayur sejak balita toh. Tapi, bila temanmu yang jahil atau ibumu yang stress karena kamu doyan banget dengan sayur, menyemprotkan Flavor Spray rasa daging ke sayurmu, selera makanmu justru lenyap. Otakmu tidak mau menerima. Otakmu memaksa itu rasa sayur, tapi lidahmu memaksa bahwa itu rasa daging. Konflik indera dan otak membuat kamu berpikir : jangan-jangan ini makanan yang terkontaminasi limbah radioaktif atau apalah, yang jelas zat kimia gitu. Alhasil, kamu kehilangan nafsu makan.

Efek sampingnya, dari segi hitung-hitungan diet, Flavor Spray pada dasarnya hanyalah jenis bumbu baru. Akibatnya, Flavor Spray tidak dapat menurunkan berat badan dengan realistis. Anda bisa bilang bumbu cabe pada es krim membuat es krim tidak enak dan tidak mau memakannya, tapi kamu tahu dimana memberi bumbu cabe sehingga makanan yang enak dapat dimakan dengan lezat. Begitu juga Flavor Spray. Bila kamu tidak suka sayur rasa daging dan tidak ada pilihan lain kecuali menyemprotkan Flavor Spray, masih ada 24 rasa yang bisa dicoba. Paling tidak ada satu rasa yang membuat sayur yang kamu makan justru lebih lezat lagi.

Referensi

Flavor Spray
25 rasa Flavor Spray
Time Magazine. sunday, Nov. 13, 2005Best Inventions 2005: Tasteful Ideas
The Nibble. David Burke Flavor Sprays: Calorie-Free Flavor-Boosters For Dieters

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.