Diposting Selasa, 15 Maret 2011 jam 12:28 pm oleh Evy Siscawati

Akupuntur dan Staples Telinga

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 15 Maret 2011 -


Anak remaja yang baru beranjak jadi jantan kadang melakukan ritual tindik telinga. Telinga yang ditindik, walaupun jijay kalau terinfeksi, tetap merupakan jaringan lunak dan cenderung sembuh sendiri bila ditindik. Tapi, bagaimana kalau di staples?

Staples telinga merupakan salah satu prosedur ajaib (yang berarti tidak ilmiah) untuk diet. Teorinya berdasarkan pada akupuntur aurikular. Penalarannya gini: kalau nempelin jarum ke punggung itu katanya menyehatkan, gimana kalo menstaples telinga, jadi tekanannya permanen gitu? Katanya, di cuping telinga ada titik-titik akupuntur yang mengendalikan pola makan. Nah, kalau distaples, pasti lama-lama pola makan kita terpengaruh dan berarti kita jadi kurus deh.

Akupuntur hanyalah scam. Ia tidak ilmiah. Tidak ada bukti kalau ada titik-titik di kaki, di jari, di telinga, atau dimanapun di kulit tubuh manusia yang kalau dimanipulasi sedemikian bisa mempengaruhi organ tubuh manusia secara signifikan. Efek yang dirasakan oleh orang yang mengalami akupuntur hanyalah efek plasebo. Ia merasa lebih baik karena yakin semata, walau kenyataanya secara fisik ia tidak baik sama sekali.

Jika jarum tidak berhasil apalagi dengan staples. Bukannya menyehatkan, beberapa kasus infeksi permanen telah tercatat. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung akupuntur maupun staples telinga untuk menyehatkan atau menurunkan berat badan. Ayolah, kalau akupuntur efektif, kenapa dokter masih harus memakai suntikan dengan isi cairan obat, ketimbang nusukin jarum pentul saja, tanpa perlu diberi apa-apa?

Referensi

Wikipedia. auricular acupuncture
Julia Layton. Could I lose weight by getting my ear stapled?
Julia Phillips. Ear Stapling for Weight Loss? Side Effects to Know Before Proceeding
Buzzle. Ear Stapling for Weight Loss.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.