Diposting Minggu, 13 Maret 2011 jam 5:32 pm oleh Evy Siscawati

Makna Kebetulan dalam Evolusi

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 13 Maret 2011 -


Jean Baptiste Pierre Antoine de Monet, Chevalier de Lamarck (1744-1829) merumuskan sendiri teori mereka mengenai evolusi tak acak satu generasi sebelum Darwin, berdasarkan pada pewarisan sifat yang diperoleh. Akuisisi karakter ini dapat dipandang sebagai mutasi tak acak. Evolusi Lamarckian akan bekerja dalam biologi lebih baik lagi daripada evolusi Darwin, jika saja ada bukti empiris yang teramati pada pola mutasi biologis yang ternyata benar-benar acak tanpa memandang kebugaran, dan karakteristik interaktor tidak dikirimkan kembali pada replikator, dan karenanya tidak direplikasi. Lihat Wilkins (2001) untuk tinjauan mengenai Lamarckisme, dan juga sudut pandang kritis pada peran Lamarckisme pada evolusi budaya.

Ada sejumlah keacakan dimana saja dalam proses evolusi membuat hasilnya non deterministik dan kadang menyebabkan perubahan entitas yang tidak berkorelasi dengan potensi reproduktif tinggi, proses yang dikenal dalam biologi sebagai “apungan genetik”. Namun aspek acak evolusi tidak dapat pernah bertanggung jawab atas adaptasi kompleks yang diperluukan yang nyata dalam mahluk hidup, termasuk manusia. Seleksi alam adalah satu-satunya penjelasan ilmiah yang masuk akal dalam hal ini. namun prosesnya lebih halus daripada yang biasanya diajarkan pada kita di sekolah.

Referensi

Johansson, S. 2002. The Evolution of the Human Language Capacity. Thesis. University of Lund.

Wilkins, J.S. 2001. The Appearance of Lamarckism in the Evolution of Culture, dalam Laurent, J dan Nightingale, J (editors), Darwinism and Evolutionary Economics. Cheltenham: Edward Elgar.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.